Pemprov Cari Atlet Pelajar Tarung Derajat

0
578
PENYERAHAN HADIAH: Jasman saat menyerahkan hadiah kepada atlet pelajar lari 10 kilo meter belum lama ini di Tanjungpinang. f-tunas/TANJUNGPINANG POS

Tanjungpinang – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Pemprov Kepri sedang mencari atlet pelajar tarung derajat sebanyak 14 orang mulai dari SMP, SMA dan SMK.

Kepala Bidang Olahraga Dispora Pemprov Kepri, Jasman mengatakan, 8 orang siswa yang diseleksi akan ditempatkan untuk belajar dan latihan di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pelajar (PPLP) yakni PPLP Tarung Derajat Pemprov Kepri.

Sedangkan 6 orang lagi akan dipersiapkan untuk mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) yang rencananya diselenggarakan di Semarang Agustus atau September mendatang.

Kemudian, Dispora juga mencari 4 mahasiswa atlet tarung derajat yang akan disiapkan untuk mengikuti Pekan Olahraga Mahasiswa (Pomnas) yang rencananya digelar di Makasar, Oktober mendatang.

”Sekarang sedang proses seleksi. Di Batam, Bintan dan Tanjungpinang sudah selesai. Sedangkan Lingga sedang proses. Nanti ke daerah lainnya,” ujar Jasman, kemarin.

Yang melakukan seleksi adalah Pengprov Tarung Derajat. Ketua Tim Seleksi yang juga pelatih tarung derajat Pengprov adalah Zeki MD beserta sekretarisnya Dino Saputra.

Tim ini langsung turun ke sekolah-sekolah untuk menyeleksi siswa yang layak masuk PPLP Tarung Derajat dan siswa yang layak disiapkan mengikuti Popnas.

Adapun hal penting yang diperhatikan nanti adalah kontur tubuh siswa. Kemudian ada tes sit up, push up dan lainnya. Karena itulah, seleksi ini dilakukan langsung pelatih tarung derajat.

Ditanya siapa saja yang terpilih dan dari sekolah mana saja, Jasman mengatakan, proses seleksi belum rampung. Sehingga nama-nama itu belum bisa disampaikannya saat ini.

Untuk siswa yang akan belajar di PPLP Tarung Derajat, akan diseleksi dari SMP dan siswa Kelas I SMA/SMK. Untuk siswa yang akan disiapkan ke Popnas, akan diseleksi dari siswa Kelas I dan Kelas II SMA/SMK.

Siswa kelas III SMA/SMK tidak diseleksi untuk persiapan Popnas lantaran mereka sudah tamat Juni mendatang. Sementara Popnas akan digelar Agustus atau September.(MARTUNAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here