Pemprov Gagas Roro Rute Pinang-Malaysia

0
426
kapal roro rute Batam-Tanjunguban saat masuk perairan Bintan.

BATAM – Pemerintah Provinsi Kepri menyiapkan langkah untuk menghadirkan kapal penyeberangan berupa Roro dari Tanjungpinang langsung ke Malaysia. Pembukaan jalur Roro itu diharapkan dapat meningkatkan wisatawan dari Malaysia. Namun di sisi lain, diminta agar event parawisata lebih insentifkan. Selain dari pemerintah, juga dari warga.

Wakil Gubernur Kepri, Isdianto mengungkapkan rencana pembukaan jalur pelayaran Roro itu, Selasa (18/12) di Batam. Belum ditentukan waktu pembukaan jalur baru itu. Namun, diharapkan tahun depan sudah bisa dijalankan. Diminta semua segera bersiap.

”Termasuk membuat agenda studi banding dengan Kalimantan yang telah melakukan kerja sama serupa dengan Malaysia sebelumnya,” katanya.

Disebutkan, saat ini setiap bulan ada sekitar 780 bus asal Malaysia yang membawa sekitar 700 ribu wisatawan ke Kalimantan. Sementara untuk Kepri, hal itu tidak terjadi, hingga rencana itu akan segera direalisasikan.

”Bayangkan kalau itu terjadi di Kepri, akan sangat bagus untuk industri pariwisata dan meningkatkan ekonomi masyarakat kita,” harapnya.

Dijelaskan, rute baru itu, kapal Roro akan berangkat dari Tanjungpinang, menuju Tanjung Pelepas, Malaysia. Demikian sebaliknya dari Malaysia, langsung menuju Tanjungpinang. ”Rencana ini sudah melalui rapat dengan pihak-pihak terkait,” beber Isdianto.

Menurutnya, rencana ini juga mendapat sambutan dari otoritas perhubungan laut. Pihaknya juga sudah memetakan manfaat yang bisa diperoleh dari masuknya wisatawan asal Malaysia ke Kepri.

”Alhamdulilah semua setuju, kita juga sudah pikirkan apa yang akan kita dapat dari kerja sama ini,” kata Isdianto menjelaskan.

Isdianto mengatakan, pihaknya akan meningkatkan pembangunan infrastruktur pelabuhan untuk mendukung kapal Roro. Diharapkan, kerjasama ini berjalan baik. Masyarakat bisa mengambil manfaatnya. ”Ini tugas kita, memberikan hiburan yang sesuai dengan wisatawan,” imbaunya. (mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here