Pemprov Kepri dan Sumbar Teken MoU

0
548
PELANTIKAN: Nurdin menerima pataka IKSB dari Gubernur Sumbar Irwan Prayitno di Batam. f-ist/humas pemprov kepri

Kerja Sama Sektor Pertanian dan Pariwisata

Gubernur Kepulauan Riau H Nurdin Basirun dan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno sepakat menjalin kerja sama di bidang pertanian dan pariwisata.

TANJUNGPINANG – Kesepakatan itu akan dituangkan dalam nota kesepahaman (MoU) pada akhir November 2017 nanti. Hal tersebut Diungkapkan kedua kepala daerah tersebut di tengah-tengah acara Pembukaan Sumatera Barat Expo dan Pelantikan Ikatan Keluarga Sumatera Barat (IKSB), Kamis (9/11) malam di Dataran Engkau Putri Batam Center.

Hadir dalam kesempatan tersebut Wali Kota Batam Muhammad Rudi, Sekdako Batam Jefridin, anggota DPRD Kepri dan Kota Batam asal Sumbar, Kepala Kanwil Departemen Agama Batam Erizal Abdullah, Ketua MUI Batam KH. Usman Ahmad, Istri Gubernur Sumbar, Istri Gubernur Kepri Noor Lizah Nurdin, bupati/wali kota se-Sumbar beserta istri, tokoh masyarakat Kepri dan tokoh masyarakat Sumbar.

Baca Juga :  Pemuda Kepri Raih Banyak Prestasi

Nurdin mendesak agar kerja sama dua sektor tersebut segera direalisasikan. Pemprov Sumbar diminta Nurdin untuk memilih kabupaten/kota mana di Kepri yang akan diajak bekerjasama terlebih dulu. ”Pak Gubernur niat baik ini harus segera kita realisasikan. Bapak silahkan pilih sendiri kabupaten/kota yang cocok dengan Sumbar. Setiap kabupaten/kota di Kepri ini punya keunggulan masing-masing. Kami sebagai satu rumpun siap melaksanakan kerja sama ini,” ujar Nurdin kepada Gubernur Sumbar Irwan Prayitno.

Selama ini Nurdin mengungkapkan kontribusi masyarakat Kepri asal Sumbar sudah berjalan bagus di segala bidang. Dan untuk selanjutnya diminta untuk ditingkatkan. Apalagi dengan target Nurdin untuk mencapai pertumbuhan ekonomi 7 persen.

Baca Juga :  Tim KPK Masih Memeriksa Para Pejabat Kepri

”Kami di Kepri saat ini masih terus berjuang untuk menggairahkan kembali investasi dengan target pertumbuhan ekonomi mencapai 7 persen dalam waktu dua tahun. Jadi terobosan apapun saat ini sangat kami sambut baik,” ungkap Nurdin.

Semangat yang sama juga ditegaskan oleh Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno. Irwan menawarkan kerja sama tahap awal dimulai dulu dari hasil-hasil pertanian, kemudian sektor pariwisata. Sumbar dikatakan Irwan mempunyai hasil pertanian yang melimpah dan harga murah. Sementara di Batam, harga-harga hasil pertanian mahal karena tidak menghasilkan sendiri hasil-hasil pertanian.

Baca Juga :  Jangan Pernah Tolak Pasien!

Sementara di sektor pariwisata, Kepri jauh lebih unggul dari Sumbar. Kunjungan wisatawan Kepri sudah mencapai jutaan, sementara di Sumbar baru ribuan. Padahal alam Sumbar juga banyak yang bagus dan penuh pesona. ”Keunggulan di kedua daerah inilah yang bisa kita padukan dan kita tuang dalam bentuk nota kesepahaman. Kami memilih Batam terlebih dulu untuk memulai kerja sama ini,” ujar Irwan.(SUHARDI-ABAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here