Pemprov Sumbang 147 Sapi Kurban

0
1006
Mahadi Rahman

DOMPAK – Pemprov Kepri membantu masyarakat untuk merayakan peringatan Hari Raya Idul Adha 1438 H atau Hari Raya Kurban dengan menyebarkan 147 ekor sapi ke-7 kabupaten/kota. Untuk membeli hewan kurban tersebut, Pemprov Kepri menggarkan melalui APBD Kepri 2017 sekitar Rp 2,8 miliar.

Kepala Sub Agama Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemprov Kepri, Basir menyebutkan, kegiatan kurban ini merupakan yang pertama kali diselenggarakan Pemprov Kepri pada perayaan Idul Adha. Untuk pendistribusiannya diserahkan kepada pihak ketiga atau perusahaan pemenang lelang yang diadakan LPSE Kepri. ”Biasanya, kegiatan yang sama pada tahun sebelumnya dilakukan tidak melalui APBD. Melainkan dari masing-masing OPD saja,” katanya saat dihubungi via ponselnya, Rabu (30/8).

Ia menjelaskan, alasan dibutuhkannya pihak ketiga dalam pendistribusian sapi kurban tersebut untuk menjangkau daerah-daerah terpencil di wilayah Kepri.  Untuk pendistribusian ke tiap-tiap daerah, dibutuhkan pihak yang profesional. Jadi solusinya harus dilelang. Saat ini, pendistribusian sapi kurban Pemprov Kepri tersebut sudah sampai di masing-masing daerah. Dikatakan Basir, latar belakang diadakannya sapi kurban pada perayaan Idul Adha tahun ini merupakan permintaan dari masyarakat. ”Sebenarnya ini masukan dari masyarakat. Jauh-jauh hari masyarakat yang meminta itu,” katanya.

Baca Juga :  Kamis, Technical Meeting Drumben dan Gurindam 12

Mahadi Rahman, Kabid Keagamaan Biro Kesra Pemprov Kepri mengatakan, tahun ini Gubernur Kepri H Nurdin Basirun Salat Idul Adha di Kabupaten Lingga, di Dabo Singkep.
Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepri, TS Arif Fadillah mengungkapkan, kegiatan kurban yang sudah dianggarkan tersebut tetap akan dilaksanakan. Karena, sudah melalui proses lelang dan masuk dalam Rencana Kegiatan Anggaran (RKA) APBD 2017. ”Kita doakan mudah-mudahan lancar,” singkatnya.

Ia juga menyampaiakan, nanti pada saat Hari Raya Idul Adha, Gubernur bersama rombongan akan melaksanakan salat Idul Adha di Kabupaten Lingga. Usai salat, kemudian dilanjutkan dengan sama-sama menyerahkan hewan kurban untuk dilakukan penyembelihan. Sebelumnya, Kepala Biro Administrasi Kesejahteraan Rakyat (Birokesra) Provinsi Kepri Tarmidi menuturkan, bahwa Pemprov Kepri tahun 2017 ini rencananya membeli hewan kurban sekitar 163 ekor dengan menganggarkannya melalui APBD 2017 dan telah disetujui DPRD Kepri.

Baca Juga :  Tes SKB CPNS Digelar, 7-13 Desember

Namun, hanya 147 ekor yang jadi dibeli. ”Hewan kurban ini nantinya akan disebar di tujuh kabupaten/kota di Kepri. Dan difokuskan untuk masyarakat di daerah-daerah terpencil dan daerah dimana yang berkurbannya minim dan daerah yang tidak ada yang berkurban,” kata Tarmidi di Tanjungpinang, kemarin.

Dari anggaran sebesar Rp 2,8 miliar lebih ini dipakai membeli sebanyak 147 ekor sapi dengan kualitas yang baik. Dimana untuk harga sapi per ekornya bervariasi, namun untuk sapi dengan kualitas super bisa mencapai Rp 32 juta per ekornya. Namun ada juga harga di bawah harga tersebut sebab beratnya berbeda-beda. Untuk sapi dengan harga mencapai Rp 32 juta tersebut ada lebih kurang sebanyak sekitar 40 ekor dan untuk satu ekor sapi ini beratnya mencapai 300 kilogram. ”Hewan kurban yang dianggarkan Pemprov Kepri berupa sapi ada sebanyak 147 ekor. Dan harga termahal untuk satu ekor sapi ini mencapai Rp 32 juta. Sapi-sapi ini didatangkan dari luar,” katanya. (ais/mas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here