Pemprov Tidak Matikan Swasta

0
824
Arifin Nasir

Kebutuhan SMA Sederajat Dipenuhi

Sejak kewenangan SMA sederajat dialihkan dari kabupaten/kota ke provinsi sesuai UU No.23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Pemprov Kepri memastikan akan memenuhi kebutuhan semua sekolah di Kepri.

TANJUNGPINANG – KEPALA Dinas Pendidikan Pemprov Kepri, Arifin Nasir mengatakan, Pemprov Kepri terus membangun Unit Sekolah Baru (USB) untuk SMA sederajat baik sebelum kewenangan berpindah maupun setelah kewenangan berpindah.

Apalagi setelah kewenangan berpindah, Pemprov Kepri makin intens membangun sekolah untuk SMA sederajat. ”Selagi tidak ada SMA/SMA swasta di tempat itu, kalau memang kekurangan sekolah, akan kita bangun,” ujar Arifin Nasir, baru-baru ini di Tanjungpinang.

Baca Juga :  Juli, Full Day School Diterapkan

Arifin menjelaskan, tahun 2018 atau 2019 nanti, kebutuhan sekolah di Kepri akan mencukupi. Salah satu daerah yang akan prioritas untuk dibangun sekolah adalah di daerah Batuaji, Kota Batam.

Daerah ini ada dua kecamatan berdekatan. Namun hanya satu SMA negeri di sana dan dua SMK negeri. Selebihnya swasta. Hanya saja, dua daerah tersebut termasuk yang sangat padat penduduk di Batam.

Sehingga, setiap tahun selalu terjadi pergolakan saat Penerimaan Peserta Didik baru (PPDB). ”Batuaji daerah utama untuk kita bangun SMA. Belum ada SMA (negeri) di sana. Kalau di Sagulung sudah ada satu (negeri). Ada juga MAN dan SMK,” tambahnya.

Baca Juga :  Seluruh Sekolah Kekurangan Guru

Daerah lain di Kepri yang masih kekurangan sekolah SMA sederajat juga akan dibangun. Yang penting, belum ada SMA swasta. ”Karena pemerintah tidak akan mematikan swasta. Kalau sudah ada swasta, kita tak perlu lagi hadir. Kecuali tak mampu juga menampung, baru kita bangun,” ungkapnya.

Memang, kata dia, pembangunan sekolah di Kepri tidak akan pernah berhenti mengingat pertumbuhan penduduk selalu bertambah terutama di Batam yang pertumbuhan penduduknya sangat tinggi.

Kemudian, setelah pembangunan sekolah, Disdik Kepri akan membenahi keperluan lainnya. Peningkatan mutu pendidikan juga akan terus dimajukan untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kepri.(MARTUNAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here