Pemprov Usul Terima 500 Orang

0
429

Maret atau April, Penerimaan CPNS Dibuka

Jika tidak ada halangan, maka pendaftaran Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil
(CPNS) di Indonesia akan dilakukan Maret atau April ini. Pemprov Kepri sendiri mengusulkan penerimaan 500 CPNS.

DOMPAK – Pemprov Kepri sudah siap apabila Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (KemenpanRB) resmi membuka seleksi penerimaan CPNS tahun 2018 ini.

Sekdaprov Kepri H TS Arif Fadillah menyampaikan, setelah dihitung-hitung berdasarkan jumlah kebutuhan dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD), sekitar 500-an orang yang dibutuhkan Pemprov Kepri di luar formasi khusus dan spesifik yang sudah menjadi ketentuan KemenpanRB.

”Ada 500-an orang yang kita butuhkan. Tapi kita tidak bisa pastikan apakah dengan kuota tersebut bisa diterima seluruhnya,” jelas Arif Fadillah kepada wartawan di Kantor Gubernur Kepri, Pulau Dompak, kemarin.

Menurut Arif, KemenpanRB rencananya tidak lagi memprioritaskan formasi administrasi, melainkan formasi khusus di kementerian/lembaga yang tersebar di setiap daerah, termasuk Kepri. ”Yang kita sampaikan juga, formasi kesehatan dan pendidikan juga ada, sementera formasi khusus juga jadi prioritas,” terangnya.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi Informasi Publik Kementerian Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (KemenpanRB), Herman Suryatman menyampaikan, pemerintah akan kembali membuka pendaftaran CPNS di 2018. Hanya saja, jumlah CPNS yang menjadi kebutuhan masih belum dipastikan.

MenpanRB saat ini masih berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan mengenai berapa anggaran yang bisa dialokasikan untuk perekrutan CNPS 2018. Perihal tahapannya, dia menuturkan, Kementerian PANRB akan meminta kepada sejumlah instansi pemerintah untuk mengajukan kebutuhan jabatan.

Nantinya pengajuan ini akan disinkronisasi dengan kebijakan Aparatur Sipil Negara (ASN) sesuai dengan program Kementerian PANRB. Yang pasti, untuk beberapa jabatan yang bersifat administratif untuk saat ini belum menjadi kebutuhan. Sementara untuk jabatan-jabatan yang memiliki kompetensi khusus, hal itu yang akan diutamakan.

Dia mengaku, posisi paling banyak pada seleksi CPNS di 2018 adalah untuk PNS di daerah, karena pada 2017, rekrutmen mayoritas untuk pemerintah pusat. ”Maret-April. Akan ada pendaftaran, teknis itu, jadi tunggu saja,” Herman.

Saat ini mereka masih menunggu validasi ulang data dari instansi pemerintahan di pusat dan daerah dalam rangka penerimaan CPNS pada 2018. Validasi ini adalah kajian yang dilakukan untuk melihat kebutuhan instansi itu. Sehingga belum tentu semua usulan yang diajukan akan disetujui. Tergantung kebutuhan.

Ia memastikan, bahwa penerimaan CPNS pasti bakal digelar 2018 ini. Namun, penerimaan CPNS kali ini, pasca moratorium lebih kepada penerimaan formasi khusus, sangat spesifik.

”Selain formasi kesehatan dan pendidikan, dan formasi lainnya yang berhubungan dengan kor bisnis masing-masing instansi, tapi lebih titik berat yang jabatan spesifik. Bukan lagi formasi administrasi umum,” tutup Herman.(SUHARDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here