Pemuda Diajak Tekan Angka Pengangguran

0
335
DIALOG KEBANGSAAN: Ketua KDN Billy Jenawi menjadi moderator saat dialog kebangsaan, dengan narasumber dari Kesbangpol dan Kodim 0315 Bintan, Sabtu lalu. f-yendi/tanjungpinang pos

KDN Bikin Seminar Refleksi Semangat Kepahlawanan

KIJANG – Komunitas Diskusi Nusantara (KDN) Kepri mengajak agar mahasiswa dan pemuda bisa menekan angka pengangguran, dengan cara berkreativitas serta membangun daerah, atau menciptakan lapangan kerja. Sikap itu merupakan peran pemuda dalam membangkitkan semangat pahlawan Indonesia.

Hal ini disampaikan Ketua KDN Kepri Billy Jenawi di sela dialog kebangsaan yang mengangkat tema refklesi semangat kepahlawanan bagi generasi muda, sebagai penerus bangsa, di Gedung LAM Bintan, Kijang, Sabtu (18/11) lalu.

”Peran pemuda dan mahasiswa itu sangat penting di era sekarang. Terutama menekan angka pengangguran. Ini adalah kontribusi kita dalam mendorong pembangunan daerah. Untuk angka pengangguran, kami belum punya angka valid. Sedang dikaji,” ujar Billy.

Billy menjelaskan, pahlawan pada masa penjajahan dulu, merupakan orang yang berani mengorbankan jiwa raganya untuk bangsa. Untuk era sekarang, pahlawan lebih diartikan kepada mereka yang berani dan mau mengorbankan raga, dan pikirannya dalam membantu pemerintah untuk menyukseskan program-program yang sudah dicanangkan.

”Dalam era ini lah, pemuda itu dituntut berperan aktif. Tidak hanya mengawasi kinerja pemerintahan. Tapi, belajar juga merupakan suatu wujud kepahlawanan dalam rangka peningkatan wawasan, untuk diimplementasikan ke kehidupan masyarakat. Contoh berkarya dan menciptakan lapangan kerja, dalam upaya menekan angka pengangguran itu,” tambah.

Tidak hanya pemuda, lanjutnya, pemerintah harus melek dalam melihat potensi para pemuda yang ada di daerahnya masing-masing. Dalam arti, pemerintah tidak hanya melibatkan pemuda dalam kegiatan acara seremonial. Tapi melibatkan langsung pemuda dalam kegiatan pembangunan daerah, yang berorientasi kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Dialog kebangsaan ini dibuka secara resmi oleh Asisten I bidang pemerintahan Setdakab Bintan Ismail, dihadiri Anggota DPRD Bintan Hasriawadi, Camat Bintan Timur Rusli, sejumlah tokoh pemuda dan puluhan mahasiswa/pemuda. Narasumber yang menyampaikan materi antara lain Syamsul Bahri dari Kesbangpol Bintan, Kodim 0315/Bintan serta kalangan akademisi. (fre)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here