Pemuda Dibekali Wawasan Kebangsaan

0
675
PENGARAHAN: Gubernur Kepri H Nurdin Basirun menyampaikan arahan kepada pelajar Kepri saat membuka acara Komunikasi Sosial Mabes TNI wilayah Provinsi Kepri Korem 033/WP Tahun 2017 di Aula Wan Seri Beni, Kantor Gubernur, Istana Kota Piring, Pulau Dompak, Tanjungpinang, Kamis (28/9). f-istimewa/humas pemprov kepri

Gubernur Minta Semua Pihak Waspadai Perpecahan

Gubernur Kepulauan Riau H. Nurdin Basirun mengatakan, peran generasi muda sangat penting dalam membangun bangsa ini.

DOMPAK – Untuk itu, dibutuhkan wawasan kebangsaan yang tinggi sebagai modal melangkah ke depan membangun bangsa yang bermoral dan berlandaskan Pancasila.
Pendalaman wawasan kebangsaan sangat penting dalam membangun kekuatan persatuan, kesadaran nasional, pendalaman Pancasila serta menanamkan semangat bela negara yang ada dalam diri.
Hal ini disampaikan Nurdin saat menghadiri sekaligus membuka secara resmi acara Komunikasi Sosial Mabes TNI wilayah Provinsi Kepri Korem 033/WP Tahun 2017 di Aula Wan Seri Beni, Kantor Gubernur, Istana Kota Piring, Pulau Dompak, Tanjungpinang, Kamis (28/9).
Pengerucutan tema yang disajikan kemarin yakni ‘Menghadapi Ancaman Proxy War’. Para peserta wajib memiliki pengetahuan sebagai benteng untuk menjaga diri dan tidak mudah terprovokasi.
”Ibarat udara dapat dirasa namun tidak dapat dilihat secara kasat mata. Seperti itulah saat ini potensi perpecahan yang akan timbul. Mari bersama kita pertahankan eksistensi bangsa kita dengan mengeratkan persatuan,” lanjut Nurdin.
Tak lupa ucapan terimakasih Gubernur Nurdin kepada pihak TNI dan Polri yang ada di Kepri khususnya yang terus menjaga dan menciptakan kondisi yang aman, nyaman dan tentram.
”Kita tau posisi Kepri sangat strategis, potensi konflik rawan terjadi, keberagaman kita di sini harus dirajut dengan semangat kebersamaan membangun dan melindungi bangsa,” kata Nurdin.
Terkhusus untuk para pemuda, Nurdin berpesan untuk mengisi pembangunan di daerah dengan mengedepankan semangat persatuan bahu-membahu dari berbagai aspek.
Karena Nurdin percaya, saat ini potensi pemuda Kepri jika terus diasah dan ditingkatkan maka akan memberikan prestasi di berbagai bidang.
Selain itu Nurdin berpesan untuk menjauhi narkoba dan lebih mengedepankan peningkatan berprestasi.
Acara yang diselenggarakan oleh pihak TNI ini mengambil tema ‘Melalui Komsos TNI kita bangun karakter generasi muda yang berkualitas, berkepribadian pancasila guna memperkuat persatuan dan kesatuan dalam menghadapi ancaman nyata yakni proxy war’.
Kegiatan ini menghadirkan pembicara yang diisi oleh Danrem 033/WP Brigjen TNI Fachri dan Kadis Kesbangpol Kepri Syafri Salisman yang mengisi materi tentang wawasan kebangsaan serta Kepala Dinas Komunikasi dan Infromatika Guntur Sakti yang memaparkan materi tentang berita hoax dan digelar nonton bareng film bersejarah G30SPKI.
Danrem 033/WP Brigjen TNI Fachri pada awal paparannya mengatakan bahwa pemahaman wawasan sangat penting terkhusus bagi para pemuda agar tidak terbuai dalam arus modernisasi di era yang semakin canggih saat ini.
”Bangsa dan negara ini adalah milik para pemuda. 10 hingga 20 tahun ke depan para pemuda lah yang akan mengurus NKRI ini. Maka untuk itu dibutuhkan landasan pengetahuan pada diri pemuda untuk dapat berjalan ke depan dengan semangat persatuan yang berkepribadian Pancasila,” ujar Brigjen TNI Fachri.
Ratusan peserta yang hadir sendiri terdiri dari siswa-siswi SMA se-Tanjungpinang, mahasiswa di perguruan tinggi se-Tanjungpinang, beberapa organisasi masyarakat beserta tamu undangan lainnya.(TUNAS SITUMEANG)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here