Pemuda Harus Mampu Menfilter Informasi

0
220
Petugas mengibarkan Bendera Merah-Putih HUT HSP ke 90 di Lapangan Pamedan, Senin pagi (29/10)

TANJUNGPINANG – Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kota Tanjungpinang melaksanakan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke 90 di Lapangan Pameda, Senin (29/10) pagi.

Kegiatan tersebut disejalankan dengan penyerahan hadiah secara simbolis lomba pawai budaya dan mobil hias dalam rangka memperingati HUT Kota Otonom.

Upacara pagi itu diikuti berbagai kalangan. Diantaranya, para pelajar, gabungan berbagai organisasi serta Kepala FKPD dan Kepala OPD di lingkungan Pemko Tanjungpinang.

Peringatan HSP itu, Wali Kota Tanjungpinang, H Syahrul bertindak sebagai inspekstur upacara. Ia juga membacakan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Imam Nahrawi.

Hadir juga Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Hj Rahma beserta Ketua PKK Tanjungpinang, Juriah Syharul. Hadir juga Ketua DPRD Tanjungpinang, Suparno beserta Sekda Kota Tanjungpinang, Riono didampingi istrinya.

Sesuai amanatnya, diingatkan kepada pemuda mengenai manfaat Teknologi Informasi (TI). Ia mengibaratkan teknologi informasi seperti dua mata pisau.

Diminta untuk mampu men-filter atau menyaring dengan memiliki ilmu pengetahuan serta kedewasaan dalam berbangsa dan bernegara.

Sesuai amanat Imam Nahrawi, TI disatu sisi bisa memberikan jaminan kecepatan informasi dan memungkinkan pemuda meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam penegembangan sumber daya untuk peningkatan daya saing. Namun di sisi lain, teknologi membawa dampak negatif informasi bersifat destruktif, mulai dari hoaks, hate speech, pornografi, narkoba, pergaulan bebas, dan radikalisme serta terorisme.

“Karena itu, pemuda harus memiliki filter dalam mengakses teknologi informasi,” ucap Syharul memberikan arahan.

Dituturkannya, program revolusi mental sangat relevan dilakukan untuk melahirkan pemuda yang berkarakter, berkapasitas, dan berdaya saing. Selain itu, Menpora juga mengapresiasi pemuda dan pemudi Indonesia yang bertanding dalam ajang Asian
Games 2018 dam Asian Para Games 2018.

Menurutnya, sejarah baru kebangkitan olahraga Indonesia dan harus menjadi momentum membangun optimisme pemuda Indonesia dengan bekerja keras mewujudkan prestasi berbagai bidang.

Terakhir, Menpora mengingatkan peran pemuda untuk menjaga kerukunan dan persatuan menjelang Pilpres 2019 dan Pileg 2019.

Syharul membacakan, pemuda harus mampu keluar dari jembatan primordial, suku, agama, ras, dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan.

Maka tugas saat ini, pemuda harus sanggup membuka pandangan keluar batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan lebih baik.

Ini Pemenang Pawai Budaya dan Mobil Hias
Untuk diketahui, sesuai hasil keputusan dewan juri Pawai Budaya dan Mobil Hias telah memutuskan juara-juara dari berbagai kategori.

Diantaranya, perhelatan pawai budaya kategori tingkat TK juara pertama diraih TK Asyolihah. Disusul juara kedua TK Pembina1 dan juara ke tiga TK Bayangkari. Untuk tingkat SD,

juara pertama diraih SDN 005 Tanjungpinang Kota, disusul juara kedua SDN 014 Bukit
Bestari serta juara ketiga SDN 014 Tanjungpinang Timur. Dilanjutkan dengan tingkat SMP, juara pertama diraih MtsN Tanjungpinang. Disusul juara kedua SMPN 1 Tanjungpinang dan juara ke tiga SMPN 7 Tanjungpinang.

Kategori tingkat SMA sederajat, juara pertama diraih SMKN 2 Tanjungpinang disusul juara kedua SMAN 4 Tanjungpinang dan juara ketiga SMKN 1 Tanjungpinang.

Kategori kecamatan, juara pertama diraih Kecamatan Tanjungpinang Barat, disusul juara kedua Bukit Bestari dan yang terakhir Kecamatan Tanjungpinang Timur.

Sedangkan kategori mobil hias, juara pertama di raih Dinas Lingkungan Hidup disusul juara kedua Disduk Capil dan yang ketiga Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Tanjungpinang.(dlp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here