Pemuda Tempatan Bintan Hanya Diberi Dongeng

0
393
KETUA Perpat Bintan Zulkhairi bersama Musyafa Abbas. F-yendi/TANJUNGPINANG POS

Ketika Investasi Menggeliat di Negeri Sendiri

KIJANG – Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90 tingkat Kabupaten Bintan di relief Antam Kijang, Senin (29/10) kemarin, menjadi satu refleksi bagi Persatuan Pemuda Tempatan (Perpat) Kabupaten Bintan. Meski banyak pemuda tempatan Bintan yang berpotensi, namun hanya diberi ‘dongeng’ ketika investasi menggeliat di negeri sendiri.

”Tak sedikit pemuda Bintan yang berpotensi menjadi pengusaha muda. Tapi, tak sedikit pula pemuda Bintan yang tak punya kerja,” ujar Zulkhairi, Ketua Perpat Bintan, usai mengikuti upacara Hari Sumpah Pemuda.

Baca Juga :  2018, Kunjungan Wisman ke Bintan Naik

Zulkhairi menjelaskan, saat ini, Bintan menjadi daerah investasi yang luara biasa. Mulai dari kawasan pariwisata Lagoi, kawasan industri BIE Lobam sampai dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Galang Batang yang dikelola PT Bintan Alumina Indonesia (BAI). Di awal investasi ini berdiri sampai dengan pengembangan di era sekarang, pemuda Bintan hanya menjadi penonton.

”Kalau mau berdiri, pemuda Bintan selalu dipanggil. Tapi, itu hanya untuk mendapat bumper atau pagar untuk pengamanan. Janji untuk diberikan pekerjaan, tak ada sama sekali. Pemuda tempatan Bintan, hanya diberi dongeng pengantar tidur saja, atau ketika awal mau berdiri saja,” kata Zulkhairi.

Baca Juga :  Garap Potensi Lokal, Dispora Siapkan Pemuda Kreatif

Saat ini, investasi di Bintan menggeliat. Seperti pengembangan di Lagoi dengan berdirinya The Heaven, Singatac di BIE Lobam maupun PT BAI di KEK Galang Batang. Pekerjaan di investasi ini, tak ada yang diserahkan kepada pengusaha muda atau pemuda tempatan Bintan. Justru, TKA asal Tiongkok yang tak memiliki skill, yang dipekerjakan di kawasan investasi itu.

”Kami sangat prihatin dengan nasib pemuda tempatan Bintan, di momen Hari Sumpah Pemuda sekarang. Kami akan jembatani masalah ini kepada pihak penguasa kawasan, dan pemerintah,” kata Zulkhairi didampingi Dewan Pertimbangan Perpat Bintan Musyafa Abbas. (fre)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here