Pemukiman Sebuton Jadi Kampung Wisata

0
865
INDAH: Suasana Kampung Sebuton yang indah dan layak jadi destinasi Wisata.F-HARDIANSYAH/TANJUNGPINANG POS

NATUNA – KAMPUNG Sebuton di Desa Mekar Jaya, Kecamatan Kunguran Barat berpotensi sebagai tujuan wisata. Hal ini dikarenakan, Kampung Sebuton memiliki potensi alam yang diyakini layak sebagai pendukung pariwisata.

Tokoh masyarakat desa setempat H Asparlani menjelaskan, Kampung Sebuton kini dihuni oleh sekitar 60 kepala keluarga (KK) dengan kisaran jumlah penduduk 120 jiwa.

Kampung itu juga terdapat gunung dan hutan bakau (Mangrove) yang membentang di garis pantai. Rumah peduduk pun berdiri di sepanjang pinggir pantai yang dibangun dan ditata oleh sejumlah kalangan seperti Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri serta sejumlah perusahaan yang beroperasi di Natuna melalui program TJS nya.

Baca Juga :  Sempat Hilang, WNA Ditemukan Warga

”Alhamdulilah, kampung ini sudah terlihat rapi. Rumah-rumah penduduk mengikuti alur pelantar yang sudah dibangun pemerintah, dan perusahaan sehingga keindahannya juga terlihat,” kata Asparlani, di Kampung Sebuton, Rabu (27/9).

Apalagi, beberapa tahun belakangan ini kampung itu sudah memiliki akses jalan darat yang menjadi kemudahan warga setempat untuk menggerakkan roda pembangunan meski pun jalannya masih belum memadai.

”Bahkan banyak orang bilang kalau kampung sebuton ini disebut-sebut layak sebagai kampung wisata, karena keindahan yang terkandung di dalamnya,” ungkapnya.

Baca Juga :  Dua Kecamatan Minta Disinggahi Tol Laut

Ia berharap, potensi alam yang ada bisa dimanfaatkan oleh pemerintah sebagai salah satu destinasi wisata Natuna.

”Sebagai masyarakat, mudah-mudahan kampung kita bisa menjadi tujuan wisata juga. Agar perekonomian di Kampung Sebuton bisa berkembang,” tutupnya.

Sumber pendapatan penduduk setempat, berasal dari beberapa sektor seperti Sektor perikanan, perkebunan, dan kehutanan.(HARDIANSYAH)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here