Pemulung juga Ingin Rasakan Nikmatnya Kemerdekaan

0
671
SUKA RIA: Warga RT04/RW01, Kampung Suka Damai, Gunung Lengkuas, Bintim bersuka ria usai upacara HUT ke-72 RI. F-yendi/TANJUNGPINANG POS

Nasionalisme Warga RT04 Suka Damai di HUT ke-72 RI

BINTAN – Puluhan warga RT04/RW01, Kampung Sudak Damai, Kelurahan Gunung Lengkuas, Bintan Timur melaksanakan upacara peringatan HUT Kemerdekaan ke-72 RI, Kamis (17/8) kemarin. Penampilan sosok perempuan Ketua RT04 Salwiah, dengan warganya tidak ada yang sama. Sebagian kaum ibu menggunakan baju adat suku batak, minang kabau, papua, flores, bugis, palembang, ambon sampai dengan adat pakaian adat jawa. Bahkan ada yang menggunakan baju karung goni menyerupai pakaian adat dayak Kalimantan.

Di antara barisan pakaian adat itu, terlihat pula sosok ibu yang menggunakan pakaian ala pasukan pengibar bendera (Paskibra) dan kebaya Melayu. Yang menarik perhatian, seorang ibu dengan pakain biasa sambil membawa karung lengkap dengan besi pengambil sampah, turut hadir di barisan tersebut. ”Saya juga ikut upacara ya Bu RT. Kami dari pemulung juga ingin merasakan kemerdekaan,” ujar ibu dengan pakaian pemungut sampah itu.

Baca Juga :  Rp 93 Miliar, Proyek yang Sudah Dilelang

Di barisan lain, terlihat kaum pria dengan menggunakan pakaian beraneka ragam. Ada yang mengggunakan sepatu kerja konstruksi, ada yang menggunakan sandal, dan ada pula yang menggunakan helm kerja dan setelan seorang ustaz. Upacara pengibaran bendera pun berlangsung khidmat, diiringi dengan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dikumandangkan dari barisan pelajar. Teks proklamasi dibacakan oleh suami sang Ketua RT Salwiah. Seorang tokoh masyarakat RT04 bertugas membacakan UUD 1945. ”Alhamdulillah, upacara ini berlangsung lancar. Ini sudah tahun ketiga, di tempat kami RT04 dilaksanakan upacara HUT RI. Di lingkungan ini komplit. Semua suku ada, jenis pekerjaan warga kami pun bervariasi. Ini lah bentuk rasa nasionalisme warga kami,” kata Salwiah, Ketua RT04/RW01, Kampung Suka Damai, usai upacara.

Baca Juga :  Dewan Minta Pendataan Pemilih Secara Akurat

Salwiah merasa bersyukur bisa melaksanakan upacara HUT RI itu, meski berjalan sederhana. Namun, tidak mengurangi rasa khidmat peringatan kemerdekaan RI. Selain upacara, warga juga melaksanakan hiburan dengan lomba pelbagai permainan rakyat. Mulai dari panjat batang pisang yang digantung, sampai dengan permainan lomba joget, dan makan bersama. ”Ini terlaksana atas kerja sama dan gotong royong warga kami. Sesuai lah tema HUT RI sekarang, bekerja bersama dengan semangat gotong royong,” tutup Salwiah. (fre)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here