Pemusik Matangkan Persiapan Festival Batak

0
380
Petrus M Sitohang

TANJUNGPINANG – Salah satu penggagas dan pengusul Festival Budaya Batak, Petrus Sitohang terus memantau persiapan pelaksanaan acara tersebut. Pada Rabu (2/5) malam, Petrus menyaksikan langsung para pemain musik yang sedang latihan di Batu 8. Petrus mengikuti ritme musik yang sedang dimainkan tujuh pemusik malam itu. ”Sudah bagus. Mereka memang pemain yang hebat. Masyarakat akan puas menyaksikan acara nanti,” ujar Petrus.

Ia menambahkan, latihan masih akan dilakukan sampai hari H kegiatan, Sabtu (5/5) nanti. Para pemain musik ini akan terus mematangkan persiapan mereka agar alunan musik tradisional Batak nanti benar-benar menggema.

Sementara itu, Marihot Purba, Ketua Sanggar Budaya Batak Saor Nauli Kota Tanjungpinang mengatakan, mereka sudah menyetel alat-alat musik tersebut. Sehingga, alat musik yang satu dengan yang lainnya sesuai.

Yang jelas, kata Macan, panggilannya, penampilan alat musik Batak ini sangat dirindukan masyarakat khususnya warga Batak. Sebab, ini merupakan alat musik lengkap atau disebut Gondang Sabangunan.

Sudah belasan tahun Gondang Sabangunan tidak pernah ditampilkan di Tanjungpinang. Ada beberapa alat musik tradisional Batak yang akan dimainkan 7 pemusik nanti.

Rifa, Kabid Destinasi Wisata dan Promosi Dinas Pariwisata Pemko Tanjungpinang mengatakan, acara akan dimulai pukul 14.00 Sabtu nanti dan rencananya akan dibuka Penjabat Wali Kota Tanjungpinang Raja Ariza bersama Sekaprov Riono serta Kadis Pariwisata Reni Yusnelli. Sejumlah anggota DPRD Tanjungpinang pun akan hadir dan pejabat lainnya serta masyarakat. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here