Penambang Minta Tambahan Life Jacket

0
301
BERLAYAR: Para penambang sedang membawa penumpang yang menyeberang dari Pelantar II ke Kampung Bugis. f-raymon/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Para penambang pompong rute Pelabuhan Pelantar II ke Kampung Bugis dan sebaliknya, mengharapkan adanya bantuan life jacket. Ini nilai penting, untuk keselamatan penumpang dan tekong. Hal ini diutarakan Sudirman salah satu penambang pompong rute Tanjungpinang-Kampung Bugis.

Ia mengatakan, bantuan yang diberikan pemerintah maupun pihak swasta hanya 40 life jacket. Sementara kapal yang beroperasi ada 22 pompong, yang setiap pompongnya biasanya sekali berlayar diisi 10-15 penumpang. Pihaknya terpaksa kita bergantian menggunakan. ”Pompong yang jalan 22, sangat kekurangan life jacket dan masih perlu bantuan dari pemerintah,” katanya Selasa (17/10).

Ia mengaku, jika harus membeli secara pribadi, para penambang tidak akan mampu. Sehingga mengharpakan bantuan dari pemerintah. Life Jaket yang tersedia saat ini hanya bisa digunakan tiga sampai empat pompong yang sekali jalan. Lebih dari itu, maka terpaksa maka para penumpang lainnya tidak menggunakan life jacket.

Ini yang dikhawatirkan para penambang, jangan sampai kejadian buruk menimpa baru akan menyediakan alat pengamanan. Apalagi kini diingatkan memasuki Angin Utara, biasanya gelombang dan cuaca lebih kencang di laut.

Untuk itu para penumpang dan penambang perlu menggunakan life jacket saat akan berlabuh. Kesannya memang dekat Tanjungpinang-Kampung Bugis dan sebaliknya, hanya ditempuh 15 menit. Meski demikian, jika malang akan hadir tak berbau maka hal penting yang harus disiapkan yaitu alat-alat keamanan. Minimal itu dapat digunakan untuk membantu para penambang sata ada musibah.

Tono penambang lain menyebutkan, pemerintah bisa membantu para penambang melalui dinas terkait. Apakah melalui Dishub maupun Dinas Kelautan dan Perikanan serta lainnya. ”Kami butuh life jacket, jadi aman gak perlu ganti-gantian,” tuturnya. Jangan sampai ada lagi korban yang meninggal karena tak memiliki alat kemanan saat ada angin kencang.(RAYMON)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here