Penambang Pompong Minta Life Jacket

0
141
Warga saat naik pompong dari Tanjungpinang ke Kampung Bugis, Senggarang. F-suhardi/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Para penambang pompong di pelantar KUD Kota Tanjungpinang mengharapkan bantuan life jacket dari pemerintah. Karena, pelampung keselamatan yang ada, jumlahnya masih minim.

Udin seorang penambang pompong kawasan pelantar mengatakan, di tempat pangkalan pompongnya ada 30 life jacket. Sementara armada yang jalan ada 22 kapal. Terpaksa para penambang pompong bergantian menggunakannya.

”Perahu yang ada 22, kami sangat kekurangan life jacket. Ini perlu bantuan dari pemerintah,” katanya, Selasa (20/3) kemarin.

Untuk membeli pelampung itu, para penambang tidak mempunyai uang. Saat ini life jacket yang tersedia bagi penambang boat di Pelantar KUD, hanya 40 pelampung. Hanya dapat digunakan untuk empat boat, yang mengangkut penumpang. Sekali berangkat, kapal boat rata-rata mengangkut 10 orang penumpang. Kapal berangkat setiap saat apabila sudah penuh.

”’Penambang di sini yang aktif sekitar 22. Sementara jika mengangkut penumpang kami harus berebutan untuk menggunakan pelampung, karena tidak cukup,’” sebutnya.

Diterangkan Tono, para penambang mengharapkan bantuan pelampung keselamatan dari pemerintah. Apalagi saat ini, musim angin kencang dan gelombang kuat. ”Walau jarak penyembarangan sangat dekat, kita juga khawatir sama keselamatan para penumpang,” ungkapnya. (ray)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here