Penanganan Banjir, Libatkan Anggota TNI-Polri

0
152
Damdim 0315 Bintan Letkol Gusti Bagus Putu Wijangsa bersama Kapolres Tanjungpinang, Ucok P Silalahi dan Kadis PU Hendri melihat drainase di kawasan Gang Sepat. f-istimewa

TANJUNGPINANG – Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Dinas PUPR Tanjungpinang, melibatkan anggota TNI-Polri membantu membudayakan Gotong Royong (Goro) membersihkan lingkungan masyarakat.

Khususnya di kawasan yang menjadi langganan banjir. Seperti diketahui bersama, ada belasan titik genangan air saat hujan mengguyur Tanjungpinang.

Mereka melakukan Goro pertama bersama di Jalan Bhayangkara, Gang Sepat, Kelurahan Tanjungpinang Barat, Minggu (9/12) 07.00 WIB.

Disejalankan dengan peringatan Hari Bakti PU ke 73. Hadir dalam goro, 30 anggota Polres Tanjungpinang yang dipimpin Kapolres Tanjungpinang, Ucok P Silalahi. Selain itu, lima anggota TNI AD yang dipimpin Dandim 0315 Bintan, Letkol I Gusti Bagus Putu Wijangsa serta anggota TNI AL yang menurunkan empat personil membantu membersihkan lingkungan sekitar.

Mereka terbagi menjadi tiga kelompok di tiga lokasi yang berbeda. Membersihkan drainse yang dipenuhi dengan sampah dan lumpur yang sudah menimbulkan bau tak sedap.

Ada yang memagang skop mengeruk tanah di drainase, menggunakan sabit membersihkan ranting pohon yang terjuntai serta alat lainnya.

Bahkan sebagian drainse yang ditutup beton juga di buka sementara agar lebih bisa dibersihkan.

Warga berbaur dengan seluruh rombongan yang hadir membantu Goro. Ketua RT setempat, Imam menuturkan, saat hujan turun, kawasan ini menjadi langganan banjir. Air selalu masuk ke rumah warga dengan ketinggian selutut orang dewasa.

“Kalau kami sudah langganan banjir, sudah menjadi rutinitas tambahan membersihkan rumah usai hujan turun,” ucapnya di lokasi.

Kadis PUPR Tanjungpinang, Hendri menuturkan, Goro merupakan penanganan sederhana untuk memperlancar aliran air di drainse ke pembuangan akhir.

Sebelum penanganan lebih maksimal melalui normalisasi yang dilakukan pihak Dinas PUPR Tanjungpinang.

Ia menurutkan, tahun mendatang ada alokasi anggaran senilai Rp 400 juta untuk menormalisasi drainase di kawasan itu. Serta perbaikan box culver di kawasan Gang Todak yang tak jauh dari jalan tersebut.

Genangan air di Gang Sepat menurutnya, limpahan air dari drainse beberapa gang disekitarnya. Mengatasinya perlu melakukan normalisasi agar pembuangan air ke akhir lancar.

Ia menuturkan, menunggu pekerjaan tesknis di beberapa lokasi banjir lainnya, pihaknya akan melakukan goro bersama masyarakat. Serta dibantu anggota TNI Polri yang berkomitmen ikut serta.

“Kita akan jadwalkan Goro dibantu anggota TNI-Polri. Upaya membudayakan warga membersihkan lingkungan secara berkala untuk berikutnya,” ucapnya.

Kapolres Tanjungpinang, Ucok P Silalahi menuturkan, siap membantu pemerintah membudayakan Goro serta terlibat membantu penanganan banjir di berbagai titik.

Menurutnya, kegiatan ini juga sekaligus mengajak anggota Polri berolaharga dan memiliki manfaat untuk lingkungan.

Wali Kota Tanjungpinang, H Syahrul mengucapkan terima kasih, peran serta masyarakat serta anggota TNI Polri membantu membersihkan lingkungan.

Ia berharap melalui kegiatan ini, menumbuhkan kebiasaan masyarakat melakukan goro. Menjaga kebersihan untuk kenyamanan bersama.

Hj Rahma menuturkan,pemerintah berupaya hadir memberikan pertolongan kepada masyarakat, meski perlu kerja sama yang baik.

Disela-sela goro, Dinas PUPR menyediakan hadiah doorprize bagi mereka yang beruntung. (dlp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here