Penarikan Retribusi Belum Maksimal

0
475
PASANG SPANDUK: Wan Andriko (Kiri) bersama staf saat memasang spanduk kepada yang membayar pajak. f-ISTIMEWA

NATUNA- Kabid Pendapatan Badan Pengelola Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) Kabupaten Natuna Wan Andriko menilai, proses pemungutan retribusi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) belum maksimal.

Namun, proses pemungutan retribusi masih berjalan. Hal ini terjadi, karena ada beberapa halangan yang masih susah dihindari oleh masing-masing OPD. ”Proses penarikan retrebusi OPD tetap jalan, cuma saat ini belum maksimal. Karena mereka juga mengalami kendala, seperti perencanaan dan penganggaran untuk penarikan retribusi belum ada dan juga kendala kewenangan daerah yang banyak ditarik ke provinsi,” kata Wan Andriko, di Kantor Bupati Natuna, kemarin.

Ia mencontohkan, dinas-dinas teknis yang strategis seperti Dinas Perikanan tidak bisa meraup banyak retrebusi karena kewenangannya telah ditarik ke provinsi. Sehingga, Dinas Perikanan hanya bisa menarik retribusi pada sektor perikanan air tawar begitu juga dengan Dinas Perdagangan. ”Kendala terberat ada di kewenangan. Yang paling payah Dinas Perikanan, mereka hanya boleh menarik retribusi pada perikanan budidaya ikan tawar saja. Sementara kita di Natuna tidak ada usaha yang bergerak di bidang itu, kalau pun ada skalanya sangat kecil dan tidak layak ditarik retribusi,” terang Wan Andriko.

Tahun ini, Pemerintah Kabupaten Natuna menargetkan pendapatan daerah dari sektor retribusi OPD sekitar Rp 550 juta sebagai bagian dari pendapatan asli daerah. ”Dari keseluruhan target baru tercapai sekitar Rp 250 juta atau sekitar 50 persen. Tapi sekarang prosesnya juga sedang berjalan. Mudah-mudahan bisa tercapai semua,” harapnya.

Ia menyebutkan, ada dua dinas teknis yang paling dominan pada upaya ini yakni Dinas Perhubungan dan Dinas Perizinan dan Penanaman modal. ”Kita belum hitung secara detail pendapatan masing-masing OPD teknis, tapi yang jelas dominannya ada di Dinas Perhubungan dan Perizinan. Semoga saja sektor ini terus bisa ditingkatkan dan kita berkoordinasi terus dengan lintas dinas,” tutupnya. (hrd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here