Penataan Drainase Terhalang Bangunan Milik Warga

0
304
KOMISI II DPRD Bintan menyusuri jalur drainase di gang dan pemukiman wargaKelurahan Tanjunguban Kota, Kamis kemarin.

TANJUNGUBAN – Pembangunan dan penataan drainase di Jalan Yos Sudarso, Gang Becek, Kelurahan Tanjunguban, Kecamatan Bintan Utara akan dilaksanakan pada tahun 2020. Namun, masih terkendala bangunan milik warga, yang menutupi dan dibangun di atas drainase yang lama. Dewan pun turun tangan.

Komisi II DPRD Bintan turun langsung ke lokasi yang menjadi kendala pembangunan drainase yang sudah dianggarkan. Indra Setiawan, Wakil Komisi II DPRD Bintan yang turun mengecek kendala pembangunan tersebut, langsung berdiskusi dengan warga setempat yang membangun rumah di atas drainase yang sudah ada.

Dalam diskusi tersebut, Komisi II langsung memberikan edukasi dan peringatan soal penataan dan penanganan banjir di wilayah tersebut. Karena selama ini, wilayah tersebut kerap terendam banjir dan terlihat lebih kumuh.

”Kami cek dan kami pastikan pembangunan drainase tetap berjalan. Ini kan untuk kepentingan masyarakat luas, bukan 1 atau 2 orang saja,” sebutnya, Kamis (27/2).

Ia mengatakan, kepada warga yang membangun di atas drainase, pihaknya meminta segera dibongkar atau dialihkan. Karena hal tersebut melanggar ketertiban dan aturan bangunan.

”Ya kami beri pengertian persuasif. Kalau enggan nurut, nanti biar Satpol PP yang bongkar,” terangnya. Selain mengatasi banjir, penataan drainase dan lingkungan akan membuat wilayah Kelurahan Tanjunguban, tidak menjadi kumuh.

Karena saat ini ada beberapa titik di kelurahan tersebut yang masuk dalam kategori kumuh. Helmi Setyawati Lurah Tanjunguban yang ikut dalam pengecekan lapangan tersebut mengapresiasi, sikap warga yang mau memindahkan bangunan yang berada di atas drainase yang lama, dan akan ditata kembali.

”Kendalanya itu, di atas drainase ada bangunan warga. Tapi tadi warga sudah sepakat lah untuk pembangunan drainase,” sebutnya, Kamis (27/2) kemarin. (aan)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here