Penataan Kota Tarempa Perlu Regulasi

0
307
PEMUKIMAN: Warga saat melintas di salah satu pemukiman masyarakat. F-INDRA GUNAWAN/TANJUNGPINANG POS

ANAMBAS – Penataan ruang di Kabupaten Kepulauan Anambas, ke depannya perlu mendapat penyesuaian pada pelaksanaan pembangunan sesuai dengan regulasi penataan kota.

Penyesuaian itu, seperti pembangunan kawasan permukiman perumahan yang akan dikembangkan nantinya di Tarempa. Perlahan namun pasti, Kota Tarempa akan terus berkembang seiring dengan Anambas yang telah menjadi kabupaten. Hal ini disampaikan warga Tarempa Rahmat, Kamis (11/5).

”Pentingnya penataan kota yang harus disesuaikan dengan regulasi, yang bertujuan agar pembangunan kawasan pemukiman tidak semrawut,” ujar Rahmat.

Ia menjelaskan, hingga kini regulasi penataan kota untuk pembangunan belum ada kejelasan. Menurutnya, ke depannya masih bisa dilakukan penataan pembangunan yang lebih terarah dan tertata.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan ruang, dan Perumahan Rakyat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Anambas Effi Sjuhairi mengatakan, penataan ruang terus diupayakan. Ia menjelaskan, Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan lingkungan di Kabupaten Anambas perlu dilakukan dan harus memiliki regulasi yang jelas.

”Untuk kota Tarempa ini, bisa dikatakan kota tua. Karena sejak dulu sudah menjadi pusat perekonomian di Anambas. Ke depannya, penataan pengembangan pembangunan ke atas seperti ke arah Rintis dan Batu Tambun akan dikawal dengan regulasi,” ungkap Effi.

Ia menegaskan, regulasi dalam membangun seperti pengurusan Izin Mendirikan Bangunan (IMB), menjadi poin penting dalam pengaturan tata ruang dan Tata kota di Anambas.

”Dari pemerintah provinsi telah ada RTRW nya, dan saat ini pemerintah daerah yang tinggal menyesuaikannya di daerah masing-masing,” tegasnya. (cr29)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here