Pencairan Dana Desa Berbelit

0
763

LINGGA – Beberapa Kepala Desa (Kades) merasa bingung dengan administrasi untuk pencairan Dana Desa (DD) yang dinilai berbelit-belit. Padahal berbagai persyaratan untuk pencairan di Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Kabupaten Lingga, berupa Peraturan Desa (Perdes) tentang APBDes telah disahkan Bupati Lingga, melalui Dinas Pemberdayaan Masyakata Desa (DPMD).

Dengan adanya keluhan dari kepala desa, Bendahara Pejabat Pengelolaan Keuangan Daerah (PPKD) Hazal mengatakan, selama ini PPKD telah bekerja maksimal agar DD segera dibayarkan. Setiap berkas yang masuk akan dilakukan verifikasi kelengkapan data sesuai aturan yang berlaku. Jika berkas desa yang diajukan DPMD lengkap hari berikutnya DPKAD tekah mengeluarkan SP2D.

Baca Juga :  30 Anak Suku Laut Ikut Khitanan Massal

”Hingga saat ini desa yang sudah kami salurkan DD, ADD dan DBHPRD sebanyak 40 desa dari 75 desa di Lingga yang sudah mendapatkan pencairan tahap pertama dengan realisasi penyaluran sebesar Rp 35.257.467.210,” sebutnya. Hazal menjelaskan, saat ini ada 10 desa yang proses pencairannya dalam tahap SPP dan SPM. Ia menyampaikan, besok pagi SP2D sudah dikeluarkan hingga DD dapat langsung ditransfer ke rekening desa.

”Rentang waktu dari berkas diterima dari DPMD berkisar satu hari verifikasi, dan hari berikutnya SP2D sudah bisa diambil dengan catatan berkas yang kami terima semuanya lengkap terutama fotokopi nomor rekening bank dana desa,” jelasnya.(TENGKU IRWANSYAH)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here