Pencegahan Kanker Harus Optimal

0
97
KETUA YKI Pusat Iriana Marsetio ketika melantik pengurus Cabang YKI Karimun yang diketuai Raja Azmah beberapa waktu lalu di Gedung Nasional karimun. f-istimewa

Dinas Kesehatan (Dinkes) Karimun mengoptimalkan berbagai cara dalam rangka pencegahan beragam penyakit berbahaya di tengah masyarakat Karimun. Terutama untuk penyakit kanker payudara dan serviks.

KARIMUN – Kepala Dinas Kesehatan Karimun Rahmadi mengatakan, pihaknya telah mencatat sejak tahun 2015 sampai 2018 telah ditemukan kasus kanker di Karimun sebanyak 614 kasus.

Kanker itu didominasi kanker payudara, dan kanker leher rahim atau kanker serviks. Untuk itu, pihaknya akan memaksimalkan pencegahan penyakit tersebut.

”Upaya pencegahan dilakukan dengan memberikan edukasi, atau pemahaman kepada masyarakat melalui organisasi sosial seperti Yayasan Kanker Indonesia (YKI) serta organisasi kewanitaan lainnya,” terang Rahmadi, kemarin.

Tujuannya, untuk memahami penyebab kanker dan melakukan pencegahan sejak dini. Selain itu, juga ditemukan juga kanker getah bening serta kanker paru-paru. Umumnya, kaum laki laki terkena kanker paru-paru dan kanker prostat.

”Penyebab timbulnya penyakit tersebut karena faktor predisposisi seperti tidak menghiraukan pola hidup bersih dan sehat da bebas asap rokok, diet gizi seimbang, gula garam dan lemak pada pangan berlebihan,” ungkapnya.

Untuk itu, mereka mendorong pencegahan dari pada pengobatan. Diharapkan dengan pengetahuan yang dimiliki, maka masyarakat dapat mengubah pola hidupnya menjadi sehat.

Ke depan, kata Rahmad, Dinkes mendorong kepala desa menyediakan tempat santai khusus para perokok.

Jadi kalau merokok, maka hanya di tempat itu dan tidak boleh merokok di tempat lain termasuk di dalam rumah.

Kemudian, khusus bagi wanita ia menyarankan dapat langsung memeriksakan diri ke Dokter di RS M Sani Karimun.

Rahmadi menyebutkan, akan lebih baik diketahui sejak awal. Sehingga, pasien Kanker bisa mendapatkan perawatan intensif dengan maksimal.

Namun sebaliknya, jika tidak ada gejala Kanker tersebut. Maka masyarakat, hanya tinggal menerapkan pola hidup sehat seperti memakan makanan yang sehat serta rajin berolahtaga serta selalu memeriksakan kesehatannya. (ALRION)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here