Pendaftar Bakal Caleg Masih Minim

0
655
KOMISIONER KPU Anambas Muhammad Sani (kiri) saat memperlihatkan berkas kepada salah satu pengurus Parpol, beberapa waktu lalu. F-ISTIMEWA

ANAMBAS – Hingga lima hari pendaftaran dibuka, masih belum ada satupun Partai Politik (Parpol) yang mendaftarkan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Kepulauan Anambas.

Seperti diketahui, pendaftaran Bacaleg sesuai dengan jadwal dibuka dari tanggal 4 hingga 17 Juli 2018. Ketua KPUD KKA Jufri Budi mengatakan, masih belumnya dilakukan pendaftaran karena partai masih dalam melengkapi berkas. ”Sejumlah partai saat ini masih melengkapi berkas para calon yang akan ikut kontelasi Pemilu tahun 2019 mendatang,” kata Budi, Minggu (8/7).

Baca Juga :  Infrastruktur Jadi Kendala Pengembangan Pariwisata

Salah satu penyebab utama masih belum adanya Parpol yang mendaftar, adalah persyaratan jasmani dan rohani dan narkoba yang dilaksanakan di Tanjungpinang dan Batam. Menariknya, salah satu persyaratan lain seperti surat pengadilan di Kabupaten Natuna.

”Rumit juga untuk melengkapi berkasnya, dari ujung ke ujung harus ke Tanjungpinang, Batam dan Natuna,” tutur Budi, seraya mengatakan intinya untuk Bacaleg hanya persyaratan yang belum.

Lebih lanjut Budi memprediksikan apabila pendaftaran akan ramai pada tanggal 12 Juli mendatang karena segala persiapannya sudah lengkap. Di Anambas sendiri, lanjut Budi, terdapat 14 Parpol yang akan bersaing di Pileg 2019 nanti.

Baca Juga :  Satu Korban Puskel Masih Dicari

”Sebelumnya, Parpol menginput data calon ke dalam aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon) setelah itu baru mendaftar secara resmi ke KPUD,” jelasnya.

Untuk kendala seperti jaringan, tambah Budi, boleh dibilang bukanlah persoalan.
Mengingat, ada rentang waktu yang cukup bagi partai untuk memasukan ke aplikasi. ”Untuk KPUD sendiri sudah siap untuk baik itu tempat dan lainnya bahkan KPUD sendiri telah berkoordinasi dengan Panwaslu,” tukasnya.

Sebelumnya, Sekretaris Partai Golongan Karya (Golkar) KKA Indra Syahputra menuturkan, sejak semiggu terakhir pihaknya telah mempersiapkan berkas menjelang pendaftaran Bacaleg. ”Memang pendaftarannya melalui Silon yang sudah disiapkan oleh KPU, tetapi alangkah baiknya kami memaksimalkan waktu pendaftaran ini,” katanya.

Baca Juga :  Kemenkominfo Bantu Akses Internet Sekolah

Menurutnya, sebelum melaksanakan pendaftaran pihaknya telah melaksanakan seleksi Bacaleg. ”Untuk seleksi Bacaleg sudah dilakukan, artinya sudah siap untuk memperebutkan kursi di Legislatif Anambas,” tutupnya. (end)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here