Pendaftar di SBTI Membeludak

0
909
CALON mahasiswa-mahasiswi baru saat mengikuti tes TOEIC di Kampus SBTI di Lagoi Bintan, baru-baru ini. F-ISTIMEWA

Alumni Banyak Kerja di Luar Negeri

Banyaknya alumni Kampus Sahid Bintan Tourism Institute (SBTI) Bintan yang kerja di hotel dan resort dalam dan luar negeri membuat siswa luar Kepri berlomba-lomba ingin kuliah di kampus itu.

BINTAN – KINI, mahasiswa-mahasiswi yang mendaftardi kampus itu sudah berdatangan dari berbagai daerah di Indonesia. Hal ini juga yang membuat target kuota Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tahun akademik 2018/2019 langsung terpenuhi hanya dengan satu gelombang.

Sejak pendaftaran gelombang I dibuka, jumlah pendaftar mencapai 200 calon mahasiswa-mahasiswi. Namun, pihak Kampus SBTI hanya menampung kuota sebanyak 120 orang. 80 orang tidak diterima. Sehingga, tidak diperlukan membuka kembali pendaftaran untuk gelombang II maupun III.

Ketua Panitia PMB Kampus SBTI Rosie Oktavia Puspita Rini MM Par yang juga Dosen Prodi Pastry mengatakan, sesuai rencana awal memang ada pendaftaran hingga gelombang ketiga.

Namun, lanjut dosen yang disapa akrab Ocie sapaan akrab Rosie Oktavia Puspita Rini menyebutkan, ternyata pada gelombang I terpenuhi.

”Alhamdulillah, kuota kita terpenuhi di gelombang pertama. Kita hanya mampu menampung sebangak 120 orang. Sebab, kapasitas dormitori yang kita miliki juga terbatas dan kita up grade kualitas dari mahasiswa-mahasiswi yang terdaftar,” jelas Ocie, Kamis (5/7).

Ocie menambahkan, sebelumnya telah melaksanakan tour untuk mempromosikan SBTI dan tes PMB ke daerah-daerah seperti Kabupaten Lingga dan Kabupaten Karimun, hasilnya, kuota yang ditargetkan terpenuhi hanya dengan membuka gelombang I.

”Dari 120 orang tersebut, yang terdaftar merupakan mahasiswa-mahasiswi baru asal Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) yakni Kabupaten Bintan, Kabupaten Karimun, Tanjungpinang, Batam. Sedangkan Provinsi Riau ada dari Kabupaten Bengkalis. Bahkan dari Medan dan Jakarta juga ada,” terang Ocie.

Kampus SBTI, kini memiliki 5 Program Studi (Prodi) unggulan. Prodi itu diantaranya Front Office, Food and Beverages Services, Housekeeping, Food Product serta Pastry.

Ia menambahkan, untuk program perkuliahan di SBTI akan ditempuh selama satu tahun. ”Seluruh mahasiswa-mahasiswi baru nantinya akan mengikuti program orientasi pengenalan kampus pada tanggal 6 Agustus mendatang. Namun, pada tanggal 2 Agustus akan ada pembagian dormitori atau asrama,” ungkapnya.

Selama 6 bulan, mahasiswa-mahasiswi akan menempuh pelajaran teori dan praktik di lingkup kampus sesuai sarana dan prasarana sesuai Prodi. Sedangkan 6 bulan lagi mereka akan ada praktik kerja industri yang langsung praktik di resor-resor kawasan Lagoi.(ADLY BARA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here