Pendaftaran Bacaleg Sepi

0
419
Ketua KPU Provinsi Sriwati menyerahkan beras DPS Pemilu 2019 kepada salah FKPD. f-abas/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) sudah membuka pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) sejak Rabu (4/7). Pendaftaran yang dibuka sejak pukul 8.00 WIB itu terlihat sepi peminat. Bahkan, hingga posko pendaftaran ditutup, panitia masih terlihat bersantai karena tidak ada yang mendaftar.

Begitu juga hari kedua pendaftaran, Kamis (5/7) kemarin, hingga pukul 14.15 belum satupun parpol mendaftarkan Bacalegnya di KPU Kepri yang berlokasi di Jalan Basuki Rahmat Tanjungpinang.

Jumlah kursi untuk DPRD Provinsi Kepri masih tetap 45 kursi. Untuk dapil Tanjungpinang ada 5 kursi, dapil Bintan-Lingga 6 kursi, dapil Karimun 6 kursi, dapil Batam A 10 kursi, meliputi Kecamatan Batu Ampar, Lubuk Baja, Bengkong dan Batam Kota. Dan, dapil Kota Batam B 10 kursi, meliputi Kecamatan Belakang Padang, Sekupang, Batu Aji dan Sagulung. Ketua KPU Provinsi Kepri Sriwati memaklumi hal itu. Menurut dia, pendaftaran Bacaleg baru akan sangat ramai jelang hari terakhir pendaftaran. Sebab, Bacaleg saat ini sedang sibuk mengurus syarat-syarat, diantaranya hasil pemeriksaan kesehatan pengambilan surat keterangan tidak pernah tersandung hukum dan hak politiknya di cabut di Pengadilan Negeri.

”Sudah dua hari pendaftaran belum satu pun parpol yang mendaftarkan Bacaleg-nya ke KPU,” kata Sriwati, kemarin.

Menurut dia, parpol masih memiliki waktu selama 12 hari lagi untuk mendaftar. Ia mengimbau pihak parpol datang berkonsultasi, bila ada hal atau aturan yang meragukan.

Selain membuka posko pendaftaran, pihaknya juga akan membuka sesi konsultasi untuk parpol. Seperti diberitakan sebelumnya, pendaftaran bisa langsung dilakukan ke KPU pada 4-17 Juli 2018. Namun sebelum mendaftar, terlebih dahulu parpol harus meng-input daftar Bacaleg sesuai dapil pada sistem informasi pencalonan (silon) yang telah disediakan KPU.

Setelah itu, barulah utusan parpol mengirimkan hard copy berkas pendaftaran bacaleg tingkat provinsi. Sedangkan untuk tingkat kabupaten/kota pendaftaran bisa dilaksanakan parpol di KPU masing-masing daerah. ”Pendaftaran terakhir pasti parpol ramai mendaftarkan Bacalegnya,” tegasnya. (bas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here