Pendatang Baru Menurun

0
376
WALIKOTA Batam HM Rudi saat turun ke lapangan. f-martua/tanjungpinang pos

BATAM – Biasanya, usai kelulusan siswa dan liburan hari raya, Batam selalu kedatangan banyak pendatang atau perantau yang dibawa keluarganya. Tahun ini diperkirakan pendatang baru tidak membeludak.

Walau data pertumbuhan penduduk belum masuk, namun kali ini diperkirakan, pendatang ke Batam akan turun. Penurunan itu diperkirakan terjadi karena lapangan tenaga kerja di Batam terkesan stagnan. Kondisi itu menjadikan daya tarik untuk pendatang turun.

Perkiraan itu disampaikan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Said Khaidar, terkait arus kedatangan pendatang pasca liburan Idul Fitri. Diakui, seperti tahun-tahun sebelumnya, usai lebaran Idul Fitri, banyak pendatang baru yang masuk ke Batam. Terlebih tahun ini Idul Fitri bersamaan dengan kelulusan siswas SMA/SMK.

”Pendatang tahun lalu dengan tahun sekarang saya pikir beda. Paham-paham sendiri lah kondisi Batam sekarang,” ungkapnya.

Meski demikian, dinilai jika Batam masih tetap sebagai tujuan para pencari kerja. Karena Batam merupakan kota industri, sehingga menjadi magnet bagi para pencari kerja. Hanya saja, karena kondisi tidak seperti dulu, maka penurunan daya tarik terjadi. ”Pengaruh kondisi lapangan pekerjaan yang minim serta jumlah pengangguran yang terus bertambah,” bebernya. (mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here