Pendidikan Gratis, Kunci Kemajuan Bintan

0
496
Bupati Bintan H Apri Sujadi, Ketua DPRD Nesar Ahmad, Kadisdik Tamsir, Ketua PKK Hj Deby Maryanti, melepas balon peringatan Hardiknas disejalankan dengan peringatan Hari Otonomi Daerah, di relief Antam, Rabu (2/5) kemarin. f-istimewa

BINTAN – BUPATI Bintan H Apri Sujadi kembali menyampaikan program pendidikan gratis, guna mendorong motivasi guru dalam menjalankan tugas mengajar anak didik, pada saat memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2018, di lapangan relief Antam Kijang, Rabu (2/5) kemarin. Karena, pendidikan adalah kunci kemajuan daerah untuk jangka panjang.

”Pendidikan tetap kita gratiskan, sampai masa-masa mendatang. ini kunci kemajuan daerah ke depan,” tegas H Apri Sujadi, kemarin.

Peringatan Hardiknas 2018 Kabupaten Bintan dihadiri sekitar 3.700-an guru, pelajar SD sampai ke tingkat SMA, tokoh pendidikan, pimpinan dan staf OPD, pimpinan FKPD, Ketua dan Anggota DPRD Bintan, Kepala Dinas Pendidikan Bintan Tamsir SSi MSi, Ketua PKK Hj Deby Maryanti Apri dan masyarakat umum.

Bupati Bintan H Apri Sujadi menyatakan, dirinya tetap berkomitmen penuh dalam memajukan pendidikan daerah. Pelbagai program untuk pendidikan gratis sudah dijalankan. Seperti program penyedian seragam sekolah gratis, program transportasi gratis dan program 15 menit mengaji sebelum belajar, serta memberikan kesejahteraan bagi guru. Tujuannya untuk menciptakan generasi yang berkualitas dan membentuk karakter yang baik.

”Kita sangat berkeyakinan, satu daerah akan maju bila dunia pendidikannya maju. Pendidikan gratis adalah kunci kemajuan daerah Bintan, ke depan,” tegas bupati lagi.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan Tamsir SSi MSi menyampaikan, pada momen Hardiknas tahun 2018 ini, diberikan penghargaan kepada 171 orang guru dan siswa, serta sekolah. Terdiri dari 21 orang purnabakti pendidikan, 2 orang tokoh pendidikan, 9 orang guru berprestasi, 105 siswa berprestasi, 3 sekolah berprestasi, 6 sekolah SD dan SMP pemenang Adiwiyata 2018 tingkat Kabupaten Bintan, dan 3 pengelola Dapodik terbaik SD, SMP dan SMA.

Selain itu, penghargaan diberikan kepada peserta didik Quran Centre dan penyerahan SK insentif guru honor. Selain itu, Pemkab Bintan melalui BPJS Ketenagakerjaan menyerahkan santunan kepada ahli waris almarhumah Eka Hariwiyati, dan almarhumah Wigati guru SDN 002 Gunung Kijang, yang mengalami kecelakaan lalu lintas, baru-baru ini. ”Dua guru ini meninggal dalam menjalankan tugas mulia,” sebut Tamsir.

Upacara peringatan Hardiknas disejalankan dengan launching aplikasi Pusat Informasi Pendidikan, Gerakan Indonesia Sadar Administrasi kependudukan (GISA), peringatan Hari Otonomi Daerah ke-XXII dan seleksi atlet Popda Kabupaten Bintan. ”Kita juga menyerahkan bantuan sarana dan prasarana kepada 16 sekolah Adiwiyata,” terang Tamsir SSi MSi. (YUSFREYENDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here