Penempatan Puskesmas Diduga Tidak Tepat Sasaran

0
627
GEDUNG Puskesmas Serasan Timur dan terlihat memiliki dua bangunan. F-HARDIANSYAH/tanjungpinang pos

Warga Serasan Induk keluhkan pembangunan puskesmas di kecamatan Serasan Timur diduga tidak tepat sasaran bagi masyarakat.

NATUNA – Hal ini dikarenakan, sejak awal permintaan warga serasan induk akan keberadaan puskesmas sangat dinantikan. Seharusnya, jika dikaji kembali, puskesmas itu lebih dulu dibangun diserasan Induk kenapa malah di kecamatan yang baru dimekarkan.

”Jujur saja, kita sebagai maayarakat Serasan induk kecewa dengan penempatan puskesmas baru di kecamatan Serasan Timur yang belum lama diresmikan oleh Bupati Natuna. Padahal kita sangat berharap pembangunan puskesmas itu lebih dulu dibangun di Serasan Induk,” kata Ide warga Serasan Induk, melalui selulernya, Selasa (20/2).

Dan penempatan puskesmas seharusnya ada kajian akademis dan kelayakan terlebih dahulu sebelum membangunnya. ”Pembangunan puskesmas dengan jarak yang cukup jauh dari Kecamatan Serasan Induk. Sehingga, banyak warga yang enggan untuk berobat ke sana,” jelasnya.

Dulu sempat pihaknya mendengar, lanjutnya, bahwa untuk pembangunan puskesmas pihak Kecamatan Serasan Induk telah menyiapkan lahan seluas 2 hektare (Ha). Namun, malah yang dibangun di Kecamatan Serasan Timur.

”Padahal sudah lama kita ingin ada puskesmas yang memadai di Serasan ini. Malah yang jaraknya jauh dibangun, sungguh terlalu,” harapnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna Rizal Rinaldi menjelaskan, pembangunan puskesmas Serasan Timur, Subi dan Pulau Laut semua itu adalah memakai anggaran DAK Afirmasi atau DAK perintah langsung presiden untuk daerah terdepan.

”Kegiatan Dak Afirmasi Puskesmas serasan timur itu adalah renovasi puskesmas dan penambahan ruangan puskesmas. Sama halnya dengan di Puskesmas Kecamatan Subi,” jelasnya. (HARDIANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here