Penerapan K-13 Belum Merata

0
1076
MENJEMPUT SISWA: orangtua menjemput anaknya saat pulang sekolah. F-SUHARDI/TANJUNGPINANG POS

Tanjungpinang – KURIKULUM 2013 (K-13) sudah diterapkan di seluruh Sekolah Dasar (SD) di Kota Tanjungpinang. Hanya saja belum berlaku di seluruh kelas atau tingkatannya. Kepala Seksi Kurikulum SD Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, Musri AMaPd menyebutkan masih ada sebagian kelas setiap sekolah menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006. ”Seluruh sekolah sudah menerapkan Kurikulum 2013, hanya saja belum menyeluruh ke setiap lokal,” kata dia ketika memberi keterangan Tanjungpinang Pos, Senin (31/7).

Meski demikian ada juga beberapa sekolah yang sudah penuh menerapkan K-13. Diantaranya SDN 004 Tanjungpinang Barat, SD Swasta Katolik, dan SDN 008 Tanjungpinang Timur. Sedangkan sisanya terbagi menjadi 2 kelompok.
Diantaranya 49 sekolah menerapkan K-13 untuk kelas 1, 2, 4, 5 sementara 17 sekolah lainnya baru menerapkan di kelas 1 dan kelas 4. Tidak meratanya K-13 dikarenakan akreditasi sekolah yang masih belum cukup, yakni minimal terakreditasi B.

Baca Juga :  Siswa SD-MI Lulus 100 Persen di Karimun

Rencananya, 2019 mendatang seluruh sekolah menerapkan K13, begitu juga dengan sekolah yang akreditasi C diperbolehkan ikut serta menerapkan. Saat ini, Kota Tanjungpinang memiliki puluhan unit SD status negeri maupun swasta antara lain, 11 sekolah di kawasan Tanjungpinang Kota, 15 di kawasan Tanjungpinang Barat. Kawasan Bukit Bestari sekitar 21 unit, serta 26 sekolah di Tanjungpinang Timur

. Khusus di Tanjungpinang Timur, Munsi menyampaikan kemungkinan adanya penambahan sekolah baru, namun hal tersebut tidak dijelaskannya secara detail karena belum ada data lengkap. ”Yang kami bahas akan ada penambahan, lahannya sudah ada, tapi bagaimana kelanjutannya belum dibahas.(YOAN)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here