Penerapan K13 Belum Merata

0
1451
SISWA BERKUMPUL: Suasana hari pertama siswa baru SMP saat berkumpul mengikuti proses pengenalan sekolah, tahun lalu.f-DOKUMEN TANJUNGPINANG POS

TANJUNGPINANG – Kurikulum 2013 (K-13) sudah diterapkan seluruh Sekolah Dasar (SD) di Kota Tanjungpinang. Hanya saja belum berlaku di seluruh tingkatan kelas.

Kepala Dinas Pendidikan Tanjungpinang, HZ Dadang AG menuturkan, seluruh sekolah sudah menetapkan K 13, hanya saja tidak di semua jenjang.

”Sebagian kelas setiap sekolah masih ada yang menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) atau Kurikulum 2006,’ ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, belum lama ini.

Meski demikian ada juga beberapa sekolah yang sudah penuh menerapkan K13. Di antaranya SDN 004 Tanjungpinang Barat, SD Swasta Katolik, dan SDN 008 Tanjungpinang Timur. Sedangkan sisanya terbagi menjadi 2 kelompok.

Baca Juga :  UN Tak Pengaruhi Kelulusan Siswa

Di antaranya 49 sekolah menerapkan K13 untuk kelas 1, 2, 4, 5 sementara 17 sekolah lainnya baru menerapkan di kelas 1 dan kelas 4. Tidak meratanya K13 ini dikarenakan akreditasi sekolah yang masih belum cukup, yakni minimal terakreditasi B.

Rencananya, 2019 mendatang seluruh sekolah menerapkan K13, begitu juga dengan sekolah yang akreditasi C diperbolehkan ikut serta menerapkan. Saat ini Kota Tanjungpinang memiliki puluhan unit SD status negeri maupun swasta.

Di antaranya 11 unit di kawasan Tanjungpinang Kota, 15 unit di kawasan Tanjungpinang Barat. Kawasan Bukit Bestari terdata sebanyak 21 unit, serta sisanya 26 unit di Tanjungpinang Timur.

Baca Juga :  SMA Muhammadiyah Pindah ke Batu 8

Khusus di Tanjungpinang Timur, Dadang sebelumnya menyampaikan kemungkinan adanya penambahan sekolah baru, yaitu SDN 17 melalui dana pusat. Hanya saja, terkait realisaisnya masih menunggu. Mekanisme pembangunanya sama dengan SMPN 16 sekarang.

”Lahan sudah ada, biasanya ini kewajiban Pemko. Anggaran bangunannya dari pusat. Ini masih menunggu,” ungkapnya.(DESI LIZA)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here