Pengadaan Damkar Setiap Kecamatan Mendesak

0
155
WARGA Moro saat melintas di lokasi kebakaran pada Senin (234) malam kemarin. f-istimewa

KARIMUN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun didesak mengadakan mobil Pemadaman Kebakaran (Damkar) disetiap Kecamatan. Pengadaan itu, lengkap dengan sarana pendukung dan kru yang telah terlatih.

”Kejadian bencana kebakaran ini harus menjadi evaluasi Pemerintah Daerah. Tentunya, kejadian Pada Senin (22/4) malam kemarin dapat diminimalisir jika sarana mobil Damkar tersedia di Kecamatan Moro. Tidak adanya pemadam, membuat api semakin meluas hingga membakar 9 unit rumah,” kata Wakil ketua II DPRD Karimun, Bakti Lubis.

Kabarnya, kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 23.30WIB berawal. Kebakaran itu, dimulai dari kedai makan Sinar Moro milik Kim Cuih.

Kemudian api menyebar, mengakibatkan 9 bangunan disekitar terbakar. Saat itu, warga di sekitar beserta personel Polri dan TNI memadamkan api tersebut dengan menggunakan mobil angkutan air. Akhirnya, sekitar pukul 02.30 WIB api dapat dipadamkan.

Atas kejadian kebakaran tersebut, kerugian materil belum bisa ditafsirkan.

”Ini menjadi pelajaran yang sangat berharga Pemerintah Daerah. Ia berharap, paling lambat tahun ini sudah ada mobil pemadam kebakaran di Kecamatan Moro,” terang Bakti Lubis.

Dari kejadian itu, tentunya pengadaan mobil Damkar sangat mendesak dan prioritas. Selain mengadakan peralatan, lanjut Bakti Lubis, ada petugas yang telah paham dan terlatih.

Sehingga, memudahkan ia bertugas dibantu dengan warga jika terjadi kebakaran yang tidak bisa diketahui kapan terjadi. Kemudian selain dari pada itu, mengingat perumahan di pulau-pulau berada di bibir pantai.

Untuk itu, diperlukan kapal Damkar yang bisa dioperasikan langsung dari laut.

”Kemudian, adanya kapal Damkar itu dapat digunakan jika terjadi kejadian serupa di pulau terdekat,” saran Bakti Lubis. (yon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here