Pengadilan Terapkan PTSP

0
83
Warga saat mendapatkan pelayanan di PTSP Pengadilan Negeri Tanjungpinang, kemarin. f-Raymon/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Pengadilan Negeri Tanjungpinang melakukan perubahan pada sistem pelayanan, dengan menerapkan Pelayanan Satu Pintu Terpadu (PTSP), dengan tujuan mencegah pungli.

Para pencari keadilan dan masyarakat yang ingin mengurus atau mengajukan permohonan tidak perlu lagi bolak balik dari satu ruangan ke ruangan lainnya di dalam PN.

Saat ini cukup datang d pelayanan terpadu, seluruh urusan selesai di satu ruang saja.

Humas Pengadilan Negeri Tanjungpinang, Santonius Tambunan mengatakan, perubahan pelayanan tersebut untuk mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat. Sistem pelayanan PTSP untuk masyarakat berlaku untuk seluruh pengajuan permohonan perkara.

Baik perkara perdata, Tipikor, Pengadilan Hubungan Industrial (PHI), perikanan, pidana, umum, pengabdian hukum semua jadi satu pelayanan. ”Semua pelayanan berada dijadikan satu di ruang lobi hotel. Baik mereka pengunjung yang hanya sekedar tanya-tanya maupun mereka yang akan mengajukan perkara,” katanya Kamis (17/5).

Santonius menyebutkan, pelayanan ini berbeda sebelumnya, semua jenis pelayanan terpisah ditempat masing-masing. Selain pelayanan yang paling mengalami perubahan yakni lobi pengadilan yang jauh lebih rapi dan elegan.

Lanjutnya, langkah ini juga merupakan salah satu langkah untuk mencegah terjadinya praktik pungli, ”Sekarang pemohon tidak masuk keruangan kerja melainkan tinggal menunggu di lobi sambil melengkapi persyaratan,” ujarnya.

Sambung dia, dengan adanya pelayan satu pintu, maka masyarakat menerima pelayanan dengan maksimal. ”manfaatkan layanan dengan baik,” harapnya. (ray)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here