Pengawasan Tenaga Kerja Jangan Pilih Bulu

0
174
PEKERJA di salah satu perusahaan galangan kapal di Karimun, aparatur bidang pengawasan diminta memperhatikan keselamatan bekerja di salah satu perusahaan di Desa Pangke, Meral, Karimun. f-alrion/tanjungpinang pos

Peran bidang pengawasan tenaga kerja, baik dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun dan Pemerintah Provinsi Kepri diminta harus maksimal, dalam meningkatkan pengawasan tenaga kerja di setiap perusahaan yang ada di Kabupaten Karimun..

KARIMUN – ”Kami mendapat laporan dari beberapa orang pekerja di salah satu perusahaan galangan kapal (Shipyard) di Desa Pangke, Meral Barat, Karimun. Dimana pekerja tidak dilindungi dengan BPJS Ketenagakerjaan, dan faktor keselamatan di perusahaan tersebut kerap terabaikan,” kata Nizar, warga Meral, Minggu (2/9).

Menurut dia, aparatur pengawasan tenaga kerja enggan memberikan tindakan atau peringatan kepada pihak perusahaan karena pimpinan perusahaan dikenal dekat dengan pimpinan daerah di Kepri, Sehingga, hal-hal yang menyangkut keselamatan kerja diabaikan oleh perusahaan karena memiliki hubungan dekat dengan pemimpin daerah tersebut

Ia khawatir, jika hal ini terus dibiarkan maka posisi tawar pekerja di perusahaan itu menjadi tidak ada.

Untuk itu, kiranya bidang pengawasan tenaga kerja tidak tebang pilih dan dimohon untuk melakukan sidak ke setiap perusahaan di Karimun tanpa terkecuali.

Sementara, hasil sidak diumumkan di media saat sidak membawa media, organisasi buruh dan anggota DPRD Kabupaten Karimun. Dengan demikian, dapat diketahui seluruh keluhan pekerja di setiap perusahaan.

”Kita bukan bicara tentang upah pekerja per hari, tetapi faktor keselamatan bekerja harus diperhatikan dan pekerja dilindungi dengan BPJS Ketenagakerjaan, kalau mau jujur, Disnaker Karimun sendiri pun telah mengetahui aturan di perusahaan tersebut, hanya saja enggan bertindak atau mungkin khawatir Kadisnya diganti atau pejabat lainnya” kata Nizar mengakhiri.

Ia pun menilai, aturan yang sudah diberlakukan harus dipenuhi oleh pihak perusahaan terhadap pekerjanya. (ALRION)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here