Pengelola Bandara Latihan Penanggulangan Darurat

0
642
Simulasi: Suasana simulasi penanggulangan kwadaan darurat di Bandara RHF Tanjungpinang, Kamis (12/10)f-abas/tanjungpianng pos

TANJUNGPINANG – PT Angkasa Pura II Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang menggelar Latihan Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) penerbangan di Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang. Kegiatan ini berlangsung Kamis (12/10) di landasan pacu Bandara RHF.

Latihan atau simulasi ini untuk memantapkan dan meningkatkan sistem Keamanan dan keselamatan penanggulangan darurat penerbangan di Bandara Tanjungpinang.

Latihan dan simulasi ini saksikan General Manager PT Angkasa Pura II RHF Tanjungpinang, Yogi Prasetyo, Komandan Lantamal IV Tanjungpinang, Laksamana Pertama Ribut Eko Suyatno, Danlanud RHF Tanjungpinang Kolonel Pnb IGN Wahyu Anggono, SE,MM.

Baca Juga :  4.810 Turis Tiongkok Masuk Melalui Bandara RHF

Unsur lainnya yang mengikuti latihan PKD di antaranya dari unsur medis, pengamanan, pemadaman, dan evakuasi/pertolongan. General Manager Bandara RHF Yogi Prasetyo, mengungkapkan, simulasi itu sebagai upaya melatih peran seluruh unsur di bandara. Hal itulah yang membuat perlu dilakukan pelatihan PKD tersebut.

”Dengan PKD ini, kita tingkatkan fungsi komando, koordinasi, dan komunikasi, komite keamanan dan keselamatan penerbangan dan unsur-unsur terkait,” katanya, kemarin.

Pihaknya berharap, dengan adanya latihan PKD ini akan meningkatkan keterampilan dan kesiapsiagaan petugas dalam menanggulangi keadaan darurat di bandara.

Baca Juga :  Pesta Sabu Digerebek

Kegiatan ini digelar dalam rangka menguji sistem dan prosedur baku atau standar masing-masing institusi dalam mengambil langkah dan tindakkan pada Pengendalian dan Penanggulangan keadaan gawat darurat Penerbangan.

”Sesuai dengan prosedurnya, PKD kita harus dilakukan dua kali setahun untuk meningkatkan keterampilan anggota di lapangan,” kata Yogi, kemarin.

Selama latihan PKD berlangsung, semua penerbangan di andara tidak terganggu. Tak lama setelah latihan PKD selesai, maskapai Lion Air dari Jakarta mendarat dengan baik, meskipun cuaca sedikit buruk. (bas) 

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here