Pengelola Pustaka Bisa Dibantu dari Dana Desa

0
30
KEPALA DPAD Bintan Edi Pribadi bersama Ismail, dan Suharyanto pada saat bimtek pengelola perpustakaan desa dan kelurahan, di Bhadra Resort & Convention Km 25 Toapaya, Kamis (12/7) kemarin. f-yendi/tanjungpinang pos

TOAPAYA – Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Bintan kembali memberikan bimbingan teknis bagi pengelola perpustakaan desa/kelurahan se-Kabupaten Bintan, guna meningkatkan minat baca. Untuk menambah daya tarik pustaka, pengelola pustaka bisa dibantu dari dana desa.

Kepala DPAD Bintan Edi Pribadi menyampaikan, tingkat minat baca secara nasional, masih jauh di bawah beberapa negara lain. Begitu pula di Bintan, masih rendah. Sementara, minat baca ini mempengaruhi kualitas SDM.

”Makanya kita berikan cara untuk meningkatkan daya tarik minat baca anak, dan masyarakat itu kepada pengelola perpustakaan desa/kelurahan,” kata Edi Pribadi di Bhadra Resort & Convention Km 25 Toapaya, kemarin.

Untuk meningkatkan daya tarik minat baca itu, lanjut Edi Pribadi, bisa saja dibenahi sarana dan prasarana yang ada di perpustakaan. Mengenai dana, di DPAD Bintan sangat minim. Justru, sumber dana itu lebih banyak di pemerintah desa. Baik dari ADD maupun DD pusat. Presiden RI sudah membuat edaran, agar pemerintah desa mengalokasikan sedikit dana, untuk perpustakaan pedesaan ini.

”Kita sudah buat surat edaran ke setiap desa, agar dialokasikan dana untuk peningkatan sarana dan prasarana perpustakaan ini. Begitu juga di kelurahan. Saat ini, ada 31 perpustakaan desa/kelurahan yang aktif di Bintan. Masih ada yang belum aktif,” sebutnya.

”Diperlukan inovasi dari pengelola perpustakaan desa/kelurahan,” jelas Edi Pribadi.

Kegiatan bimbingan teknis bagi pengelola perpustakaan desa/kelurahan se-Kabupaten Bintan ini dibuka secara resmi oleh Asisten I Setdakab Bintan Ismail, dan diikuti 70 orang peserta dari perpustakaan desa/kelurahan. DPAD Bintan mendatangkan Suharyanto Mallawa dari Perpustakaan Nasional RI sebagai narasumber. (fre)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here