Pengelolaan Sampah Diatur Perda

0
95
WAKIL Bupati Kepulauan Anambas Wan Zuhendra ketika menyampaikan pidatonya terkait Ranperda Pengolahan Sampah. F-ISTIMEWA

ANAMBAS – Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) Wan Zuhendra mengapresiasi langkah DPRD untuk mengentaskan persoalan sampah. Menurutnya, langkah itu bentuk kepedulian dalam menjaga lingkungan dengan mengusulkan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Pengolahan Sampah.

”Ini merupakan wujud kepedulian dalam menjaga lingkungan dan ekosistem agar tidak rusak akibat menumpuknya sampah,” demikian disampaikan Wan Zuhendra dalam pidatonya saat rapat Paripurna DPRD tentang penyampaian pendapat bupati terhadap Ranperda Pengolahan sampah serta tanggapan fraksi-fraksi di DPRD di ruang Rapat Paripurna DPRD, Rabu (2/5).

Menurut Wan, menangani masalah sampah saat ini bukanlah persoalan yang gampang. Semakim meningkatnya jumlah penduduk, dan masyarakat tidak sebanding dengan tempat pembuangan akhir sampah. ”Ketidakstabilan ini, tentunya akan mengakibatkan permasalahan karena akan menimbulkan tumpukan sampah dimana-mana,” jelasnya.

Pengelohan sampah ini, lanjut dia, perlu kepastian hukum dan tanggung jawab pemerintah dan masyarakat agar sampah dapat dikelola dengan baik dengan melihat persoalan tempat pembuangan akhir sampah. ”Selain tempat pembuangan akhir sampah, sarana dan prasarana yang belum memadai juga menjadi persoalan,” tukasnya.

Untuk itu, tambah Wan, Pemerintah Daerah Kabupaten Anambas sepakat agar Ranperda Pengolahan Sampah dapat diusulkan dan dilanjutkan pembahasannya. ”Dengan banyak pulau di Anambas, diharapkan Perda ini tidak terbatas pada kantong-kantong penduduk saja, namun untuk tempat lain yang minim penduduknya,” ujarnya.

Sementara itu Ayub, dari fraksi PPP yang menyampaikan tanggapan fraksinya mengatakan, Ranperda Pengolahan Sampah sangatlah penting untuk ditindaklanjuti karena apabila dibiarkan akan menjadi permasalahan daerah. (end)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here