Pengembangan Wisata Perlu Peran Masyarakat

0
403
Bukit Benteng yang berada di Desa Mepar merupakan salah satu potensi pariwisata di desa itu. f-tengku/tanjungpinang pos

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Raja Fachrrurazi menilai, pentingnya peranan seluruh unsur masyarakat di Kabupaten Lingga untuk mengairahkan potensi pariwisata Lingga. Sehingga, masyarakat diminta menumbuh kembangkan kesadaran wisata.

LINGGA – Potensi pariwisata memiliki peranan penting, dalam memberikan kontribusi yang cukup baik untuk peningkatan ekonomi. ”Dari kesadaran tersebut, akan membentuk kelompok dengan kepedulian yang turut membangunan sektor pariwisata di Kabupaten Lingga khususnya lingkungan tempat tinggal,” kata Fachrurrazi, Selasa (10/4).

Sehingga, sektor pariwisata dapat berkembangn dengan maksimal antara masyarakat, travel agen, guide, dan pemerintah harus kompak. Dengan begitu alur pariwisata dapat berjalan sesuai keinginan. ”Untuk masyarakat dapat menyediakan tempat makan, souvenir dan lainnya,” katanya memberikan contoh.

Baca Juga :  KKP Janji Bantu Nelayan Lingga

Persoalan lainnya yakni, menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang profesional. Pemkab Lingga memiliki program untuk pelatihan SDM kepariwisataan, yang diberikan pihak Pemerintah Provinsi Kepri. Untuk itu, pelatihan itu dapat menjadi pengetahuan dari yang hadir dan dapat pula ditularkan ke masyarakat.

”Saat ini potensi pariwisata di Kabupaten Lingga cukup lengkap, namun masih belun banyak menarik wisatawan. Pemerintah juga butuh keterlibatan masyarakat untuk mengelola potensi-potensi wisata di lingkungannya masing-masing,” imbuhnya.(TENGKU IRWANSYAH)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here