Pengetahuan Umum Lokal Perlu Diajarkan ke Anak

0
481
Penyerahan hadiah: Wali Kota Tanjungpinang, H Syahrul menyerahkan hadiah kepada peserta lomba memcuci tangan dengan sabun. f-HUMAS PEMKO TANJUNGPINANG

TANJUNGPINANG – Wakil Wali Kota Tanjungpinang H Syahrul SPd mengingatkan para orangtua untuk mengajarkan anak-anak terkait pengetahuan umum. Terutama terkait pemimpin di sekitar lingkungan.

Mulai dari kepala sekolahnya, Ketua RT-RW, lurah, camat, wali kota dan wakil wali kota di Tanjungpinang. Hal ini dinilai penting, untuk diketahui anak di luar pengetahuan umum lainnya.

”Jangan sampai siswa tak tahu siapa nama kepala sekolahnya dan Ketua RT-nya. Padahal, ini penting, sebab tak jarang orang bertanya hal ini saat bertemu,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, belum lama ini.

Ia menilai, jika siswa tak tahu, yang salah di sini adalah orangtua siswa dan juga pihak sekolah. Mestinya, suruh anak mencari informasi agar mereka mengetahuinya. Dicontohkannya, jika siswa tahu keberadaan Ketua RT mereka, maka lambat laun mereka juga akan tahu proses penetapan serta masa kerjanya. ”Begitu juga dengan jabatan lain hingga pengetahuan umum terus diperbanyak,” katanya.

Jika yang lokal tidak tahu, bagaimana dengan nasional. Bila perlu dua hal ini sejalan. ”Skala nasional siswa harus tahu siapa nama presiden beserta wakilnya. Bila perlu mengetahui nama-nama menteri,” tuturnya.

Era ia dulu mengajar, siswa kelas tiga sudah diminta mengetahui dan menghafal minimal pejabat kawasan sekitar rumah. Ini penting selain ilmu-ilmu lainnya. Ditingkat kelas lima dan enam SD, sudah mengetahui nama-nama menteri dan skala nasional lainnya. Dengan demikian, para siswa akan lebih percaya diri bila ditanya orang sekelilingnya.

”Bila anak banyak pengetahuan umum akan mudah bergaul, ini perlu diterapkan,” paparnya.(DESI LIZA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here