Penggunaan DD Tanjung Kelit Janggal

0
649
SALAH satu kegiatan pembangunan jalan di Desa Tanjung Kelit yang tidak sesuai RAB dari Dana Desa. F-ISTIMEWA

LINGGA – Warga Desa Tanjung Kelit meminta instansi terkait, untuk melakukan audit terhadap dugaan penyelewengan pengunaan Dana Desa (DD) Tanjung Kelit. Salah satu contohnya, penggunaan DD yang tidak sesuai adalah jalan semeninsasi RT 04 RW 02 Dusun 1. Dalam RAB, pembangunan disehutkan jakan tersebut dibangun dengan panjang 92 meter dan lebar 2,5 meter.

Namun faktanya, setelah jalan yang dibangun selesai dan di cek kembali lebarnya tidak lebih dari 2 meter.

”Selain itu uang perjalanan dinas kades dan aparatur desa nilai lebih besar dari yang ditetapkan. Kami minta instansi terkait melakukan penyelidikan terjadap penyelewengan DD di Tanjung Kelit,” kata Abu, salah seorang warga kepada Tanjungpinang Pos, Jumat (23/2) kemarin.

Ia mnyampaikan, selain kedua keiuatan ini beberapa pembangunan fisik lain di Tanjung Kelit dengan sumber DD juga terlihat tidak sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan dalam RAB.

”Begini lah kondisi di desa kami, jauh dari pantauan hingga penguasa di desa bisa berbuat sesuka hati untuk kepentingan pribadi atau kelompok,” sebut Abu.

Terkait hal ini, sambung Abu, ia pernah memberikan informasi dugaan penyelewenangan DD kepada inspektorat Lingga dan Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) sebagai leading sektor. Namun anehnya, laporan yang diberikan belum mendapatkan respon apa pun hingga kini.

”Kita semua tahu mengenai Dana Desa itu, perlu pengawasan dari lelemen masayrakat dan intansi terkait mengenai pembangunan di desa Tanjung Kelit angaran 2017 ini cukup tidak memuaskan masyarakat masih banyak bangunan lain yang dianggap janggal,” ucap mantan RT ini. (tir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here