Penghuni Rutan Melebihi Kapasitas

0
47
Para tahanan mulai di pindahkan ke Lapas, Kamis (12/7). f-istimewa

36 Tahanan Dipindahkan ke Lapas

TANJUNGPINANG – Jumlah penghuni rumah tahanan (Rutan) Kelas I Tanjungpinang melebihi kapasitas. Saat ini penghuninya 408 orang, dan daya tampung hanya 350 orang. Untuk mengantisipasi tahanan kabur atau rusuh, pihak Rutan mulai melakukan pemindahan narapidana. Kamis (12/7), sebanyak 37 penghuni Rutan mulai dipindahkan ke Lapas Tanjungpinang.

Menurut Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Kelas I Tanjungpinang, Fajar Teguh Wibowo Rutan hanya bisa menampung sebanyak 350 warga binaan. Tapi saat ini ada 408 warga binaan dari berbagai kasus. Baik kasus korupsi, kriminal maupun narkoba. ”Pembangunan tambahan Rutan tak bisa lagi. Sekarang sudah over kapasitas,” katanya Kamis (12/7).

Fajar menjelaskan, untuk meminimalisir over kapasitas tersebut, pemindahan dilakukan terhadap sejumlah tahanan secara bertahap ke Lapas Tanjungpinang. Mereka yang dipindahkan ke Lapas yang sudah diputus pengadilan serta melihat masa tahanannya. Pihaknya memindahkan beberapa warga binaan ke Lapas (Lembaga Pemasyarakatan) Tanjungpinang. ”Meskipun sering melakukan pemindahan ke Lapas, namun tahanan yang masuk ke Rutan tiap hari ada saja,” sebutnya.

Terkait penambahan kapasitas ruangan, Fajar menyatakan bangunan Rutan ini merupakan Cagar Budaya Kota Tanjungpinang, maka tidak bisa dilakukan penambahan ruangan yang baru.

”Tidak bisa menambah lagi, ini bangunan cagar budaya, dari 408 warga binaan ini berada di tiga blok yakni Blok Penyengat berjumlah 89 orang, Blok Bintan 294 dan Blok Melati 25,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi agar warga binaan tidak kabur, lanjut Fajar, pihaknya rutan melakukan penjagaan dengan pengawasan dari atas menara, yang tiap jamnya petugas juga melakukan patroli perkamar tahanan untuk mengecek warga binaan.

Selain itu, Fajar menjelaskan, pada waktu warga binaan diberi kesempatan waktu bebas diluar kamar dan para petugas selalu siaga. ”Untuk memaksimalkan penjagaan dengan ketat, setiap tingkah warga binaan dipantau melalui kamera CCTv. Dan kondisi sekarang telah over kapasitas,” pungkasnya. (ray)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here