Pengumuman Kelulusan SMP Diundur

0
913
HZ Dadang AG.

TANJUNGPINANG – Pengumuman kelulusan siswa-siswi SMP di seluruh Indonesia, termasuk di Tanjungpinang diundur. Sebelumnya pengumuman direncanakan, Rabu (23/5). Namun akhirnya diundur menjadi, Jumat (25/5) nanti.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Tanjungpinang, HZ Dadang AG menuturkan, pengumuman kelulusan SMP memang diundur berdasarkan instruksi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

Hasil nilai Ujian Nasional (UN) baru akan dikirimkan pusat ke masing-masing daerah, Rabu (23/5) malam. Setelah itu, pihak sekolah mengadakan rapat kelulusan siswa. ”Jika seluruh siswa mengikuti rangkaian ujian dan proses belajar mengajar maka akan lulus. Insyah Allah lulus seratus persen,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, Selasa (22/5) pagi.

Baca Juga :  Pemprov Bantu SMAI Hidayatullah

Pengumuman akan dilakukan secara manual di masing-masing sekolah. Untuk itu, ia mengimbau kepada orangtua siswa untuk ikut mendampingi anaknya saat pengumuman kelulusan nanti.

”Kita berharap para orangtua bisa mendampingi siswa saat melihat pengumuman kelulusan nanti. Ini juga menghindari aksi coret-coret pakaian apalagi konvoi kendaraan di jalan,” tuturnya.

Hal senada disampaikan Kepala SMPN 7 Tanjungpinang, Misnaneli, pihak sekolah telah meminta orangtua wajib mendampingi siswa saat melihat pengumuman kelulusan.

”Melihat siswa SMA sedarajat yang melaksanakan coret-coret dan konvoi, ini menjadi pembelajaran. Kita menghindari hal itu, maka orangtua siswa harus mendampingi anaknya saat pengumuman kelulusan agar si anak bisa langsung dibawa pulang,” tuturnya.

Baca Juga :  Raih Dua Medali Sekaligus

Ditambahkannya, peranan orangtua sangat diminta di sini. Untuk itu, perlu pendampingan agar tidak melakukan hal-hal yang tak diinginkan.

Ia juga menginstruksikan bagi siswa mengenakan seragam Melayu yaitu baju kurung saat melihat pengumuman kelulusan nanti.

Terkait hasil ujian nasional siswa, ia mengaku belum diketahui kapan diterima pihak sekolah. Hanya saja sudah menyiapkan format yang nantinya tinggal mengisi nilai siswa sebelum penetapan siapa saja siswa yang lulus.

”Kalau jadwal pengumuman tidak diundur, harusnya tanggal 22 malam nanti sekolah sudah menerima hasil ujian nasional siswa. Karena diundur, kita belum dapat informasi resmi dari Disdik,” ungkapnya.

Baca Juga :  Hari Ini, SMK di Kepri Gelar UNBK Susulan

Untuk diketahui, nilai ujian nasional bukan lagi penentu kelulusan siswa. Namun, ujian nasional wajib diikuti siswa karena salah satu syarat utama yang harus dilalui siswa sebelum tamat. (dlp)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here