Pengumuman SMA & SMK Secara Online Serta di Sekolah

2
2602
SISWA SMAN 1 Anambas saat sedang santai di depan kelasnya, baru-baru ini. F-dok/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Pengumuman siswa yang diterima di sekolah negeri pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk SMA/SMK se-Kepri yang menggunakan sistem online maupun offline akan dilakukan, serantak pada 10 Juli.

Untuk pengumuman PPDB sistem online akan dilakukan secara online di http://ppdb.kepriprov.go.id. Namun, pengumuman bisa juga dilihat di sekolah-sekolah.

Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SMA Dinas Pendidikan Pemprov Kepri, Atmadinata mengatakan, Disdik Kepri membeli kemudahan bagi orangtua atau calon siswa yang ingin mengetahui di sekolah mana ia diterima.

”Secara online pun bisa dilihat. Untuk membukanya tetap menggunakan user nama dan password yang kita berikan. Namun, bisa juga dilihat di sekolah-sekolah yang dia pilih,” ujar Atmadinata kepada Tanjungpinang Pos via ponselnya, kemarin.

Atmadinata menambahkan, saat mendaftar secara online, siswa memilih tiga sekolah dan tiga jurusan. Apabila tidak lulus di sekolah pilihan pertama, maka kemungkinan lulus di sekolah pilihan kedua. Apabila di sekolah pilihan kedua tidak lulus, maka diterima di sekolah pilihan ketiga.

Dengan pendaftaran secara online, kata dia, sistem melakukan seleksi sendiri mulai dari zonasi terdekat hingga berdasarkan nilai tertinggi.

Khusus SMA yang memiliki tiga jurusan hanya ada tiga di Kepri yakni SMAN 2 Tanjungpinang, SMAN 3 Batam dan SMAN 1 Bintan Timur. Ketiga jurusan itu adalah Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Bahasa.

”SMA lainnya hanya dua jurusan. Jadi siswa yang ingin memilih jurusan bahasa hanya yang berada di zona ketiga sekolah itu,” tambahnya.

Atmadinata menambahkan, PPDB untuk SMA sederajat diperpanjang dua hari. Untuk SMK, pendaftaran sebelumnya berakhir 3 Juli dan diperpanjang dua hari menjadi, Kamis (5/7).

Untuk SMA, pendaftaran terakhir harusnya 6 Juli namun diperpanjang hingga, Minggu (8/7). Namun, sekolah yang sudah menerapkan PPDB online tetap memberlakukannya. ”Untuk sekolah yang PPDB online, pendaftaran tetap secara online. Tidak ada pendaftaran di sekolah kecuali saat daftar ulang nanti,” tegasnya.

Karena pendaftaran diperpanjang, maka jadwal pengumuman juga yang semula dijadwalkan tanggal 9 Juli menjadi, Selasa (10/7). Untuk daftar ulang diberi waktu tiga hari yakni, tanggal 11 Juli, 12 Juli dan 13 Juli. Proses belajar mengajar rencananya dimulai, 16 Juli.

Dijelaskannya, PPDB secara online tidak ada masalah kecuali di hari pertama. Saat itu Disdik Kepri sempat meng-off-kan sistem karena yang mendaftar terlalu padat. ”Setelah bandwidth-nya kita tambah, besoknya kembali on dan pendaftaran lancar sampai saat ini. Yang bisa masuk ke sistem ini adalah calon siswa yang sudah memiliki user name dan password yang kita berikan,” ungkapnya.

Tahun ini, yang sudah menggelar PPDB online di Kepri adalah SMA/SMK di Tanjungpinang, Batam, Karimun dan Bintan. Khusus yang di Batam, Karimun dan Bintan, PPDB online digelar sekolah-sekolah yang berada di perkotaan. (mas)

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here