Pengunjungnya Anak dari TK hingga Peneliti

0
480
Siswa SD dari Bintan foto bersama di depan kantor BPNB.f-istimewa

Perpustakaan BPNB Kepri Koleksi Buku Sejarah Budaya

TANJUNGPINANG – Untuk mencari refrensi sejarah Melayu di Tanjungpinang tidak terlalu susah. Selain ada perpustakaan Kota di Tepilaut, juga ada perpustakaan Provinsi Kepri di Basuki Rahmad. Belum lagi banyak toko-toko buku yang menyediakan buku sejarah Melayu, di antaranya Toko Erdeka Bookstore di Bintancenter Mall, Batu 9. Selain itu, Kantor Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Kepri yang berada di Jalan Pramuka, Bestari juga punya koleksi berbagai buku sejarah dan kebudayaan.

BPNB ini sering dikunjungi pelajar, mahasiswa untuk mencari refrensi sejarah Melayu. Bahkan ada banyak sekolah tingkat Taman kanak-Kanak dan sekolah Dasar yang yang punya program mengunjungi kantor BPNB dengan tujuan menanamkan pengetahuan sejarah sejak usia dini.

Baca Juga :  BNN Usulkan Perda Narkotika

Seperti yang terlihat pada Kamis (29/3) lalu. Ada 34 murid kelas I sampai III Sekolah Dasar (SD) Surya Kemuliaan Kijang, Kabupaten Bintan mengunjungi BPNB untuk melihat-lihat koleksi barang bercorak budaya yang ada di perpustakaan BPNB Kepri.

Kepala SD Surya Kemuliaan, Tischa Frishelya menyebutkan, kunjungan itu untuk menambah ilmu dan wawasan anak murid SD Surya Kemuliaan. ”Di sini cukup banyak koleksi benda-benda bersejarah dan budaya. Makanya kami anak-anak ke sini,” kata Tischa.

Dalam kunjungan itu, para murid dipandu oleh lima guru pendamping. Kedatangan murid SD ini diterima Koordinator Pusdok BPNB Kepri, Dedi Arman dan staf perpustakaan, Masuar.

Baca Juga :  Fisik 75 Peserta CPNS Diuji di Makorem

Dedi banyak menjelaskan sejarah dan keberadaan serta tugas BPNB Kepri. Selain itu juga, ia memaparkan berbagai koleksi yang ada di Perpustakaan BPNB Kepri. ”Kami terbuka menerima kunjungan masyarakat umum. Dari anak TK, SD, SMP, SMA hingga mahasiswa. Bagi yang ingin mencari referensi tentang sejarah dan budaya Melayu silakan datang,” kata Dedi.

Perpustakaan BPNB Kepri ada di lantai satu Kantor BPNB Kepri di Jalan Pramuka, Tanjungpinang. Luasnya sekitar 30 x 30 meter. Fasilitas perpustakaan disediakan wifi gratis untuk memanjakan pengunjung. Koleksi bukunya ada sekitar 5 ribuan buku yang terdiri dari buku sejarah, budaya, sastra, agama dan buku tema lain. Hasil penelitian peneliti BPNB Kepri juga tersedia, sekitar 700-an judul.

Baca Juga :  Warga Mulai Ngurus Administrasi CPNS

Hasil penelitian itu sesuai dengan wilayah kerja BPNB Kepri mencakup Provinsi Kepri, Riau, Jambi dan Bangka Belitung (Babel). ”Perpustakaan ini terbuka untuk umum. Siapa saja boleh datang. Untuk membaca atau mencari data untuk difotokopi juga boleh. Koleksi yang paling banyak buku tema sejarah dan budaya,” ujarnya. (jek)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here