Pengurus Baru Ingin Daftarkan PSTS ke Notaris

0
792
DISKUSI: Ketua tim formatur PSTS Junaidi mendiskusikan administrasi akte dan kepengurusan PSTS Tanjungpinang. F-Yendi/tanjungpinang pos

Tanjungpinang – PERSATUAN Sepakbola Tanjungpinang dan Sekitarnya (PSTS) Tanjungpinang bakal menjadi klub sepak bola yang berbadan hukum baru. Badan hukum itu bisa berbentuk yayasan, perusahaan terbatas atau CV.

Ketua tim formatur PSTS Tanjungpinang Junaidi menjelaskan, saat ini klub sepak bola amatir (liga 3) Indonesia maupun klub yang sudah profesional, mesti dibuat badan hukumnya.

PSTS, sebelumnya sudah ada. Namun sejak vakum belasan tahun, bisa saja dibuat kembali akta notarisnya. Badan hukum satu klub sepak bola bisa berbentuk yayasan, maupun badan hukum lain berupa PT atau CV.

”Untuk PSTS Tanjungpinang, bakal kita buat akta notaris baru. Kita sedang koordinasikan hal ini,” kata Junaidi, Selasa (28/2) kemarin.

Jika PSTS Tanjungpinang di bawah naungan yayasan, tentunya berupa yayasan sepak bola. Fungsinya pembinaan prestasi sepak bola, layaknya satu klub sepak bola.

Namun, lebih baik lagi jika dibentuk dalam badan hukum PT atau CV. Itu sudah mengarah kepada industri sepak bola.

”Kami rampungkan dulu pengurusnya, kemudian diajukan ke notaris untuk pendirian akta baru itu. Sebelumnya, kita juga sudah diskusikan ini dengan Pak Rida K Liamsi, sebagai pembina PSTS,” tambahnya.

Sekjen Asprov PSSI Kepri Firsandy membenarkan, klub sepak bola yang berlaga di liga 3, liga 2 maupun liga 1 Indonesia, mesti terdaftar di notaris. Jika PSTS mengajukan pembuatan akta baru, tidak ada masalah.

”Kalau saya, disarankan dalam bentuk yayasan saja. Sama seperti klub sepak bola lainnya, baik YSK 757 atau klub di divisi utama 757 Kepri Jaya FC saat ini. Tak ada salahnya PSTS yang baru dibentuk pengurusnya, dibuat dalam bentuk yayasan,” ujar Firsandy.

”Setelah ada yayasan itu, segera dilaporkan kepada kami sebagai Asprov PSSI Kepri. Saya rasa bagus, kalau PSTS membenahi administrasinya,” tambah Firsandy.(Yusfreyendi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here