Pengusaha Sudah Bisa Bayarkan THR

0
423
BUPATI Bintan H Apri Sujadi bersama Kepala DPMPTSP-Naker Hasfarizal Handra, baru-baru ini. F-DOKUMEN/TANJUNGPINANG POS

Pemkab Bahas Anggaran untuk Honorer

BINTAN – Pengusaha yang mempekerjakan karyawan, sudah bisa membayarkan Tunjangan Hari Raya (THR) keagamaan, untuk saat ini. Bupati Bintan menginstruksikan pembayaran THR keagamaan ini melalui Surat Edaran nomor: 570/DPMPTSPTK/473, tertanggal 28 Mei lalu.

Bupati Bintan H Apri Sujadi menerangkan, kewajiban perusahaan atau pengusaha untuk memberikan THR keagamaan ini telah diatur dalam Permennakertrans Nomor 6/2016. ”Kita juga sudah membuat surat edaran, kewajiban membayar THR lebaran Idul Fitri ini. Sekarang sudah bisa bayarkan THR buat karyawan itu,” tegas H Apri Sujadi, kemarin.

Untuk pembayaran THR, lanjut bupati, harus sesuai dengan peraturan. Karyawan yang sudah bekerja di atas satu bulan, sudah bisa diberikan THR, tapi penghitungannya dibagi 12 (bulan). Sedangkan karyawan yang sudah bekerja lebih dari 1 tahun, nilai THR minimal 1 bulan gaji.

Baca Juga :  Empat Camat Wajah Baru, Aufa-Hasfi Di-rolling

”Paling lambat seminggu sebelum lebaran, semua THR sudah dibayarkan,” tegas bupati.

Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSPTK) Bintan Hasfarizal Handra membenarkan hal tersebut. Menurutnya, surat edaran tentang pembayaran THR itu, sudah disampaikan kepada perusahaan dan pengusaha. Pembayaran THR keagamaan ini merujuk kepada Permenakertrans nomor 6/2016.

”Pengusaha yang tidak mengindahkan peraturan dan Surat Edaran Bupati Bintan, tentang pembayaran THR ini, siap-siap diberikan sanksi. Dalam edaran ini, kita juga menyarankan agar perusahaan memfasilitasi karyawannya untuk mudik bersama,” tambah Hasfarizal Handra.

Baca Juga :  Mantan Ketua Dewan Dicecar 17 Pertanyaan

”Sedangkan untuk THR bagi honorer Pemkab Bintan, itu kewenangan pemerintah daerah. Tanya pimpinan kami,” saran Hasfarizal.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Bintan Irma Annisa belum menegaskan, untuk pemberian THR kepada pegawai honor. Karena, ini menyangkut ketersediaan anggaran daerah. Sementara, dalam APBD 2018, tidak dialokasikan dana untuk pembayaran THR pegawai dan honorer. Pembayaran THR bagi pegawai maupun honorer muncul, setelah ada instruksi dari Presiden RI, baru-baru ini.

Untuk di lingkungan Pemkab Bintan, saat ini terdapat 1.123 orang pegawai kontrak yang biasa disebut honorer. Jumlah ini termasuk tenaga medis di bawah naungan Dinas Kesehatan dan RSUD Bintan. Namun, jumlah tersebut tidak termasuk guru atau tenaga pengajar tidak tetap.

Baca Juga :  WARS Bintan Lelang Jersey untuk Kemanusiaan

”Untuk honor di Pemkab Bintan, tanya ke Kepala DPKAD Bintan,” saran Irma Annisa.

Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Mohd Setioso mengatakan, pihaknya masih membahas tentang hal ini bersama Sekda Bintan, Adi Prihantara. ”Ya, kami dari Pemkab Bintan masih membahas anggaran untuk THR pegawai dan honorer ini. Kan tidak ada alokasi dana sebelumnya (APBD 2018),” demikian Mohd Setioso. (fre)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here