Penilaian Adipura, Camat Cek Sanitasi Industri

0
192
CAMAT Bintan Timur Rusli mengecek bak pengolahan limbah karet di PT Pulau Bintan Djaya Jalan Nusantara Km 18 Kijang, baru-baru ini. F-yendi/TANJUNGPINANG POS

KIJANG – Camat Bintan Timur H Rusli dan Seklur Gunung Lengkuas Azimir mengecek sanitasi lingkungan masyarakat dan kawasan industri, Selasa (9/1) lalu. Pengecekan ini dilakukan, untuk persiapan penilaian Adipura tahun 2018 atas program Bupati Bintan H Apri Sujadi.

Selain di beberapa lokasi di Tempat Penampungan Sampah (TPS) kelurahan, pengecekan juga dilakukan di dalam kawasan PT Pulau Bintan Djaya, khususnya di bak pengolahan limbah pabrik karet tersebut.

Camat Bintan Timur Rusli mengatakan, untuk di dalam kawasan PT Pulau Bintan Djaya, pengolahan limbahnya cukup baik. Ada lima tahapan untuk penanganan limbah dari hasil olahan karet itu. Tahapan terakhir di bak keenam, air sudah murni. Air murni hasil pengolahan limbah itu, kembali digunakan untuk proses pengolahan karet.

”Jadi, tidak ada limbah yang dibuang ke lingkungan. Sanitasi di dalam kawasan industri ini cukup bagus. Mengenai aroma menyengit, itu bisa dihilangkan. Tapi, kualitas hasil olahan karet tidak bisa diekspor. Aroma menyengit ini, memang asli dari bau karet. Tapi, hanya dalam waktu tertentu saja,” sebut Rusli.

Rusli berharap agar masyarakat selalu menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan. Menurutnya, tingkat kesadaran masyarakat Bintan terhadap kebersihan sudah tinggi.

Mari kita tingkatkan terus kebersihan lingkungan, guna menyukseskan program Pak Bupati H Apri Sujadi bersama Pak Wabup H Dalmasri Syam ini,” harap Rusli, di sela seremoni penyalaan pelanggan premium PT Pulau Bintan Djaya oleh PT PLN Wilayah Riau dan Kepulauan Riau (Kepri). (fre)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here