Penindakan Rokok FTZ Makin Banyak

0
623
Rokok FTZ: Petugas dari KPPBC Tipe Madya Pabean B Tanjungbalai Karimun, ketika sidak rokok FTZ di salah satu toko di Karimun beberapa waktu lalu. F-ALRION/TANJUNGPINANG POS

Karimun – Penindakan Rokok FTZ di Karimun sejak tahun 2013 cenderung naik. Penindakan meningkat pada 2016, dampak dari tingginya perbedaan harga rokok FTZ dengan harga rokok kena cukai.

Kantor Pelayanan Pengawasan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Tanjungbalai Karimun pada 2013 mencatat 13 penindakan, tahun 2014 menurun 4 penindakan, tahun 2015 meningkat menjadi 9 penindakan tahun 2016 meningkat drastis menjadi 17 penindakan, sampai akhir Maret telah tercatat 7 kali penindakan artinya dalam setiap bulan ada 2 kali penindakan.

”Penindakan rokok FTZ umumnya di laut dari Batam dan Bintan saat hendak dibawa ke Karimun dan keluar wilayah Karimun. Rokok FTZ di wilayah FTZ Karimun untuk pekerja dan masyarakat. Operasi didarat juga dilaksanakan untuk menghindari kebocoran keluar,” terang Kasi Penindakan KPPBC Tipe Madya Pabean B Tanjung Balai Karimun, AC Prihadiwan pada Tanjungpinang Pos, Kamis (30/3)

Selama ini, petugas Bea dan Cukai mengupayakan pencegahan keluarnya rokok FTZ dengan operasi di kedai dan supermarket. Pemilik kedai yang menjual atau rokok FTZ diberikan peringatan dan membuat perjanjian tidak akan menjual rokok FTZ.

Ia mengingatkan, pemilik toko dan kedai untuk tidak menjual rokok FTZ.

”Bagi pemilik kedai di luar wilayah FTZ, jika kedapatan akan ada sanksi hukum dan rokok akan disita untuk selanjutnya dimusnahkan,” kata AC Prihadiawan.(Alrion)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here