Peningkatan Wisman Belum Sentuh Pelaku Usaha Kecil

0
85
IWAN pengelola Pengudang Mangrove tersenyum saat menerima kunjungan anak-anak dan stakeholder pariwisata Lagoi, baru-baru ini. F-jendaras/TANJUNGPINANG POS

BINTAN – Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Bintan naik pada tahun 2018. Tapi, belum memberikan dampak yang signifikan bagi para pelaku usaha kecil bidang pariwisata di Bintan.

Selain belum meningkatkan jumlah kunjungan ke pelaku usaha wisata, masih minim program pemerintah untuk pengembangan usaha mereka. Ini yang menjadi kelemahan majunya usaha kecil tersebut.

Iwan, pengelola pariwisata Pengudang Mangrove di Desa Pengudang menyatakan, belum mendapatkan banyak pengunjung. Meski tempatnya kerap dijadikan objek penelitian, baik dari dalam dan luar negeri. Sejak satu setengah tahun berdiri, baru sebanyak kurang lebih 800 wisatawan yang datang ke tempat usahanya, yang tergabung dalam kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Desa Pengudang.

Meski demikian, keberhasilannya menjaga lingkungan mangrove, pantai dan pengurangan sampah plastik sudah diganjar penghargaan Excellent Award Environment dari Bintan Resort Cakrawala. Ia dan kelompoknya menjadi contoh keberhasilan membangun dan menjaga mangrove. Tempat ini pun menjadi destinasi wisata berbasis masyarakat di Bintan.

Iwan dan beberapa pelaku usaha di Bintan ingin ada perhatian khusus dari pemerintah. Bukan modal usaha. Namun, program- program yang mengarahkan destinasi wisata berbasis masyarakat. Kemudian, pembangunan infrastruktur yang memadai. Seperti akses transportasi dan juga pengoperasian Pelabuhan Tanjungberakit.

”Kami selama ini, ya membangun usaha sendiri sendiri, susah susah sendiri, mati mati sendiri. Kami tentunya ingin ada wadah yang memperhatikan kami, ingin ada kebijakan khusus untuk kami,” sebutnya.

Selama ini, lanjutnya, banyak pemodal-pemodal besar yang terus kuat dan berkembang di Bintan. Sementara, pelaku usaha kecil pariwisata banyak yang kolaps (jatuh) kalah bersaing dengan pelaku usaha yang besar.

”Secara pribadi, saya senang dan bangga banyak wisman datang ke Bintan. Namun, ayo kita sama-sama membangun pariwisata yang menyentuh ke seluruh lapisan masyarakat. Agar pariwisata di Bintan dapat menyamai Bali,” ucapnya.

Sebelumnya, pada tahun 2017 jumlah kunjunhan wisman ke Bintan mencapai 371 ribu orang, tahun 2018 lalu meningkat menjadi 461 ribu wisman. Pemkab Bintan menargetkan jumlah kunjungan meningkat sebanyak 700 ribu, pada tahun 2019. Serta menggelar 16 iven pariwisata unggulan. (aan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here