Pentingnya Memberi Penyuluhan Keamanan

0
398
LINTAS BARAT: Mobil dinas saat melewati jalur lintas barat, dengan latar belakang kawasan hutan darat. F-ADLY BARA HANANI/TANJUNGPINANG POS

Bintan – PASCA tertangkapnya empat tahanan Polres Tanjungpinang yang melarikan diri ke wilayah Kelurahan Tembeling, Kecamatan Teluk Bintan, seluruh kecamatan berikan penyuluhan keamanan kepada jajaran di bawahnya.

Yang diberi penyuluhan , mulai dari perangkat kelurahan, desa, sampai ke perangkat RT hingga pemuda. Ini sebagai tindak lanjut dari pemerintah wilayah yakni kecamatan, untuk menciptakan situasi keamanan di seluruh wilayah Bintan.

Seperti yang diungkapkan Camat Bintan Timur Rusli, razia saat tahanan yang kabur itu membuat perangkat masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan terhadap lingkugan.

Menurutnya, wilayah Bintan masih di dominasi kawasan hutan yang luas, serta kawasan hutan bakau (Mangrove) yang tersebar di beberapa kecamatan.

Untuk itu, pihaknya selalu turun ke masyarakat di seluruh kelurahan. Untuk memberikan penyuluhan keamanan secara lisan kepada RT serta pemuda.

”Kawasan Bintan Timur tidak jauh berbeda dengan Kecamatan Teluk Bintan, yang sama-sama memiliki kawasan hutan darat serta mangrove. Terlebih kawasan itu hanya ada beberapa warga yang tinggal, dan berpotensi menjadi tempat persembunyian bagi pelaku kejahatan. Seperti empat tahanan Polres Tanjungpinang yang bersembunyi di kawasan Kampung Keter, Tembeling,” jelas Rusli.

Walau setiap pekannya, lanjut Rusli, seluruh kecamatan wajib menggelar forum RT dan RW. Tetapi menurutnya, sebagai kepala pemerintahan wilayah kecamatan. Harus senantiasa mengingatkan jajaran di bawahnya, untuk selalu memantau situasi warganya.

”Sebagai kepala pmerintahan jangan pernah bosan, untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat. Apalagi terkait keamanan,” tegas Rusli.

Kapolres Bintan AKBP Febrianto Guntur Sunoto SIK menyampaikan, keberhasilan penangkapan empat tahanan yang kabur dari Polres Tanjungpinang itu.

Menurut Guntur merupakan peran masyarakat, yang berkoordinasi dengan personel Bhabinkamtibmas Kelurahan Tembeling yakni Bripka M Zulkahfila.

Dengan jalinan kordinasi itu, Guntur mengapresiasi kepada anggotanya serta masyarakat setempat. Karena telah memberikan informasi.

”Kalau tidak terjalin kerjasama dengan baik antara Bhabinkamtibmas dan warga, jelas komunikasi tidak lancar. Atas kerjasama itu, tahanan yang kabur ke wilayah kerja Bhabinkamtibmas anggota saya. Dapat membantu kepolisian untuk menangkap para tahanan yang tengah bersembunyi di Tembeling,” tegas Guntur, Minggu (5/2).

Guntur juga memberikan penghargaan kepada anggotanya, Bripka M Zulkahfila atas perannya menangkapan empat tahanan yang kabur tersebut.(ADLY BARA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here