Penumpang Boat Putra Kepri Berhasil Dievakuasi

0
415

TANJUNGPINANG – 38 penumpang  spread boat Putra Kepri berhasil dievakuasi menggunakan kapal SAR RB 209 ke pelabuhan Sri Bintan Pura, Senin (13/8) sekitar 08.30.

Penumpang kapal Gultom Hakim Tipikor Pengadilan Negeri Tanjungpinang mengatakan, pada saat kapal sedang melaju kencag tiba tiba menabrak tumpukan pasir.

“Kapal sempat oleng dikarenakan bagian tengah kapal kandas sehingga penumpang mengimbangi,” katanya.

Lanjutnya, kita tidak histeris, tapi kita berusaha untuk mengimbangi kapal kalau dia miring kedepan kita kebelakang begitu juga sebaliknya. Saya langsung menghubungi Basarnas untuk meminta pertolongan, tidak lama kapal dari SAR sudah datang.

Baca Juga :  30 Rektor Deklarasi di Pulau Nipah

“Kapalnya kan kecil, sekitar setengah jam kita sudah sampai di pelabuhan Lobam,” sebutnya

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Tanjungpinang Budi Cahyadi mengatakan, kita mendapatkan informasi spead kandas dari Telaga Punggung menuju Tanjungpiang kandas diperairan Lobam dan langsung menggerakkan kapal SAR RB 209. Kapal ditumpangi 38 orang yang terdiri dari 28 laki laki dan 10 orang perempuan.

“Beruntung dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa semuanya selamat,” jelasnya.

Budi menjelaskan, sekitar pukul 06.41 kapal sudah bisa berjalan namun dikarenakan khawatir kapal mengalami kebocoran maka kita lakukan investigasi terlebih dahulu.

Baca Juga :  Polres Amankan Mikol Satu Kontainer

Dari laporan awal kapal kandas menabrak pasir sehingga kita optimis kapal tidak mengalami kerusakan yang cukup parah.

“Kita takutnya terjadi yang tidak diinginkan kalau kapal terus melakukan pendalaman maka kita mengarahkan ke Bintan,” tuturnya.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Sri Bintan Pura Kompol Darmawan menuturkan, penyebab kandasnya kapal diduga dikarenakan alur yang dilewati terlalu dangkal dan kemungkinan kapten kapal yangembawa spead itu belum berpengalaman.

“Karena TKPnya masuk wilayah Uban maka kita berkoordinasi dengan KSOP Tanjungpinang untuk melakukan investigasi penyebab kepastian kapal kandas,” ujarnya. (ray)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here