Penyaluran Air Masih Terkendala

0
548
Pekerja dari PT Tirta Karimun memasang pipa baru dari waduk ke wilayah Pelanggan di Pulau Karimun.F-ALRION/TANJUNGPINANG POS

Penyelesaian persoalan ketersediaan air bersih di Karimun, sampai hari ini masih terkendala pemasangan jaringan dari sumber air kepada pelanggan. Diperkirakan, penyaluran air bersih akan teratasi pada tahun 2019 mendatang.

KARIMUN – ”Dengan keberadaan PT Tirta Karimun yang baru saja terbentuk. Belum mampu memberikan pelayanan semaksimal mungkin untuk pelanggan, sebagaimana harapan semua pihak.

Tahun 2017 lalu, baru dapat menyetorkan penerimaan daerah dari usaha air bersih Rp69 juta. Ke depan akan bertambah,” kata Dirut PT Tirta Karimun Indra Santo, Selasa (18/9) lalu.

Baca Juga :  Jelang Natal, Kapolres Ajak Pendeta Duduk Bersama

Saat ini, sumber air untuk wilayah Pulau Karimun telah tersedia 3 tempat. Masing-masing, yakni di Waduk Desa Pongkar dan Waduk Sei Bati telah beroperasi. Sedangkan, untuk Waduk Sentani sedang dalam tahappenyelesaian dalam waktu dekat akan selesai.

Sementara, untuk menyelesaikan persoalan ketersedian air bersih di Karimun, akan dilaksanakan secara bertahap nantinya. Pertama, akan ada pembenahan sumber air bersih kemudian pengadaan pipa dan pompa dan pemasangan jaringan ke wilayah pelanggan.

”Saat ini, belum dapat maksimal karena terkendala dana pengadaan pipa dan pompa untuk ke beberapa wilayah. Dibutuhkan sedikitnya dana Rp3 miliar mengadakan pemasangan jaringan. Dana tersebut diharapkan dari Pemerintah Kabupaten Karimun melalui penyertaan modal,” kata Indra Santo.

Baca Juga :  Supermarket Jangan Tolak Produk Lokal

Keterbatasan jaringan, membuat penyambungan air bersih ke kawasan Industri terkendala. Demikian perumahan baru yang di beberapa titik srategis, dan penambahan jaringan tidak hanya dilakukan di Pulau Karimun termasuk di Pulau Kundur dan Moro.

Untuk itu, pihak PT Tirta Karimun secara terprogram akan memenuhi permintaan penyambungan baru untuk masyarakat yang telah lama ingin mendapatkan pelayanan air bersih sehari-hari.

Dengan memiliki total 6 sumber air, tentunya PT Tirta Karimun ke depan terus meningkatkan kualitas pelayanan bagi masyarakat terutama kualitas air bersih yang akan dinikmati masyarakat.

Baca Juga :  Belum Gajian, Rafiq Titipkan Guru ke Ketua PGRI

Walau terkendala anggaran untuk pipa, namun PT Tirta Karimun perlahan terus memperbaiki layanan.(ALRION)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here